Abstract

ABSTRAK.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe TAI; (2) mendeskripsikan kepraktisan penggunaan perangkat pembelajaran; (3) mendeskripsikan keefektifan penerapan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan (silabus, SAP, bahan ajar dan Tes Hasil Belajar) divalidasi ahli kemudian dilakukan uji kepraktisan dan uji keefektifan pada mahasiswa Tadris (Pendidikan) Matematika Semester 2 Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang Tahun 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah dinyatakan valid oleh validator dengan kriteria baik; (2) hasil angket respon teman sejawat dan respon mahasiswa terhadap perangkat pembelajaran menunjukkan perangkat yang dikembangkan praktis; dan (3) pembelajaran dengan model kooperatif tipe TAI efektif, ditandai dengan: (a) prestasi belajar mencapai ketuntasan; (b) prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol; dan (c) kemandirian belajar mahasiswa dari pre test dan post tes meningkat secara signifikan. Hal ini berarti tujuan pembelajaran tercapai.

 

ABSTRACT.

This study aimed to: (1) know the valid characteristics of the instructional sets by using cooperative learning type TAI; (2) describe the practical use of mathematical models of cooperative learning type TAI; (3) describe the effectiveness use of mathematical models of cooperative learning type TAI to. The instructional sets was developed (syllabus, SAP, Teaching Material and Achievement Test (THB)) was validated then tested practical and effectiveness on the second level students of Tadris Mathematic IAIN Walisongo Semarang. The results showed: (1) instructional sets was developed have been declared valid by the validator with criteria good, (2) the results of questionnaire responses colleague and student to the instructional sets shows a sets developed practical, and (3) cooperative learning type TAI effective, characterized by: (a) achievement have exhaustiveness, (b) achievement at experimental class better than the control class, and (c) student’s self regulated learning from the pre-test and post-test increased significantly. It’s means learning objectives achieved.