PEMBELAJARAN PROGRAM LINEAR BERKARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran model CIRC dan PBL dengan karakteristik kewirausahaan materi program linear untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik yang valid, (2) mendapatkan efektifitas pembelajaran matematika model CIRC dan PBL dengan karakteristik kewirausahaan. Motivasi kewirausahaan dan keaktifan siswa sebagai variabel be-bas sedangkan kemampuan komunikasi matematik variabel terikat. Hasilnya: (1) perangkat yang dikembangkan valid; (2) pembelajaran model CIRC dan PBL dengan karakteristik kewirausahaan efektif, ditandai tercapainya: a) ketuntasan indi-vidu kemampuan komunikasi matematik melebihi KKM dan ketuntasan klasikal melebihi 70%, b) motivasi kewirausahaan dan keaktifan siswa berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematik, c) rata-rata kemampuan komuni-kasi matematik siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil validasi diperoleh perangkat yang valid dan pembelajaran yang efektif, maka tujuan pengembangan perangkat tercapai. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa materi program linear dan materi lain dengan karakteristik sama disarankan menggunakan model CIRC dan PBL yang telah dikembangkan sehingga media untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa lebih variatif.
Abstract
This study aims to: (1) generate the CIRC and the PBL learning model with entrepreneurial characteristics linear program learning to enhance the valid communication capabilities in Mathematics, (2) obtain the effectiveness of learning mathematics using CIRC and PBL with entrepreneurial characteristics. Activity and entrepreneurial motivation as independent variables while mathematics communication ability as the dependent variable. The results: (1) valid equipments developed, (2) an effective CIRC and PBL learning process with the characteristics of entrepreneurshi, indicated from: a) the exhaustiveness individually mathe-matics communication ability test exceed for minimum standard completeness and classical completeness exceed up to 70%, b) activity and entrepreneurial motivation has a positive effect towards the mathematics communication ability, c) average of mathematics communication ability test in experiment class is better than the control class. Based on the validation result, the valid and effective learning is obtained, then the purpose of learning instrument develop-ment is achieved. Therefore, to enhance the communication ability of students in the linear program learnings and other learnings with the same characteristics, it is suggested to use CIRC and PBL model that has been developed so it will be more varied to get media to improve mathematics students’ communication ability.