IMPLEMENTASI STANDAR PROSES DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN ANALISIS CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT
Abstract
Abstrak
Standar proses merupakan salah satu acuan dalam penyusunan KTSP. KTSP membuat setiap sekolah memiliki model khas di dalam mengimplementasikan standar proses. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model implementasi standar proses dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian diperoleh: (1) implementasi standar proses dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Wonosobo mengikuti alur standar proses yaitu per-encanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan proses pembelajaran; (2) hasil analisis CIPP (Context, Input, Process, Product) yang secara konteks berupa tidak ter-laksananya rencana pelaksanaan pembelajaran, diselesaikan dengan adanya workshop KTSP, berhasil membuat prestasi belajar matematika peserta didik mencapai KKM dan mendapat berbagai prestasi dalam bidang matematika; (3) model implementasi standar proses berupa perencanaan proses pembelajaran dengan mengem-bangkan silabus dan RPP yang mengacu pada silabus dan RPP dari provinsi, pelaksanaan dengan kegiatan pembelajaran yang memuat pendahuluan, eksplorasi, elaborasi, konfirmasi dan penutup, penilaian dengan ulangan harian, tugas terstruktur, pengamatan, dan tes terjadwal, serta pengawasan yang dilaksanakan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran;(4) faktor pendukung implementasi standar proses berupa fasilitas, guru matematika dengan masa kerja diatas 5 tahun, dan kemampuan awal peserta didik.
Abstract
Process standard is one of reference for developing curricula (school based curriculum). School based curriculum makes every school has unique model for implementing process standard. This study aims to describe the process standard implementation model on mathematics learning. This study uses qualitative method. The result obtained: (1) process standard implementation on mathematics learning in SMP Negeri 1 Wonosobo is following process standard, i.e. planning, acting, assessing, and controlling learning process; (2) the analysis of CIPP (Con-text, Input, Process, Product) produce that contextly the lesson plan is not used in learning, it solved by school based curriculum workshop, enhancing students mathematics performance to face the minimum standard completeness and getting another mathematics achievement; (3) process standard implementation consists of planning by developing syllabus and lesson plan that refer to the syllabus and lesson plan from the province, acting by learning activities, i.e. opening, exploration, elaboration, confirmation, and closing, assessing by daily tests, tasks, observation, and scheduled tests, controlling by supervise the planning, acting, and assessing activity; (4) supporting factor of process standard implementation are facilities, mathematics teachers with long experience, and students pre-achievement.