Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat dengan menggunakan modifikasi model Plomp. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis (TKBKM). Hasil pengembangan perangkat pembelajaran sebagai berikut: (1) Perangkat yang dikembangkan valid, rata-rata nilai validasi 4,03 (baik); (2) Perangkat dinyatakan praktis, yaitu: kemampuan guru dalam mengimplementasikan instrumen tergolong baik, nilai rata-rata 4,45, dan respon siswa juga dalam kategori baik, nilai rata-rata 3,77.; (3) Pembelajaran matematika dinyatakan efektif, yaitu: (a) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa mencapai ketuntasan baik secara individu maupun klasikal, (b) kemampuan berpikir kreatif matematis kelas model discovery learning dengan pendekatan metakognitif lebih baik dari kelas ekspositori, (c) adanya pengaruh positif metakognisi dan keterampilan proses terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis sebesar 83,1%, (d) adanya peningkatan metakognisi, serta (e) adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis.

The purpose of this study is: generate math learning device has been validity, practice, and effective. This research is the development of devices using a modified Plomp’s model. Learning device was developed are Syllabus, Lesson Plan (RPP), Textbook, Student Activity Sheets (LKS), and Creative Thinking of Mathematics Ability test (TKBKM). The result of the development of learning as follows: (1) the development of the device is valid, the average value is 4,03 (good); (2) the device of learning is practice, namely: the teacher’s ability to implement the instruments are 4.45 (good), and the students responses are 3.77.; (3) Learning mathematic is effective, namely: (a) the creative thinking of mathematics ability achieve person and classical, (b) the creative thinking of mathematics ability in the class using the discovery learning model with metacognitive approach is better than expository class, (c) the influence of metacognition and process skill to the creative thinking of mathematics ability is 83.1%, (d) an increase of metacognition, and then (e) an increase of the creative thinking of mathematics ability.