IMPLEMENTASI TEORI APOS DENGAN PENDEKATAN SIKLUS ACE UNTUK PENINGKATAN PENALARAN MATEMATIS SISWA
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran
matematika dengan menggunakan implementasi teori APOS dengan pendekatan
siklus ACE. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan subjek uji coba
adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jepara. Hasil penelitian menunjukkan:(
dengan nilai 80,7%, persamaan regresi sikap siswa diperoleh
Ŷ= -2,708+19,220X
1
, dengan  nilai 66,7%. Hasil kemampuan penalaran matematis
siswa kelas eksperimen melebihi KKM = 71 dengan rata-rata 77,54 dan lebih dari
80% siswa mencapai KKM yaitu 95,83%, secara stastitik uji-t lebih baik daripada
rata-rata penalaran matematis kelas kontrol.
Abstract
The purpose of this research is to develop a mathematical model of learning by using an
implementation of APOS theory with ACE cycle approach.The type of this research is a
development research withthe trials subjects were the eighth grade studentsof SMP Negeri
2 Jepara. The results showed:
with a value of 80,7%, the regression equation of the students’
attitude is obtained Y = -2,708 +19,220 X
1
, with a value of 66,7 %. The result of the students’
mathematical reasoning abilities of the experimental class exceed the KKM = 71 with an
average of 77,54 and more than 80% of students achieved the KKM that are 95,83%,
statistically, the t-test is better than the average of mathematical reasoning of control class.
2