MODEL PEMBELAJARAN TAPPS BERBANTUAN MST UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini  untuk mendeskripsi karakteristik pembelajaran model TAPPS strategi IDEP DCG berbantuan MST serta menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini termasuk jenis R & D atau jenis penelitian pengembangan . Pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Pengumpulan data terdiri dari lembar validasi, lembar  pengamatan  aktivitas siswa,  lembar  angket motivasi,  lembar  respon  siswa, lembar kemampuan guru melaksanakan  pembelajaran dan tes kemampuan berpikir kreatif.Hasil penelitian menunjukkan: (1) karakteristik  pembelajaran TAPPS adalah pembelajaran efektif, menyenangkan, inovatif, serta menumbuhkembangkan semangat kepercayaan diri siswa dalam memunculkan ide baru sehingga mampu memecahkan permasalahan  secara  sistematis ;  (2)  perangkat  pembelajaran  yang  dikembangkan valid; dengan kriteria silabus, RPP, LKS, buku siswa, dan TKBK masing-masing sangat baik; (3) Perangkat pembelajarannya praktis, yaitu: a) kemampuan guru melaksanakan pembelajaran baik mempunyai rata-rata 4,395; dan b) respon siswa positif mempunyai rata-rata 86%; (4)  pembelajaran matematika efektif  , data penelitian  menunjukkan ketuntasan belajar  melebihi 75%, adanya pengaruh positif aktivitas dan motivasi siswa terhadap ketuntasan berpikir kreatif sebesar 86,2%;  berdasarkan uji banding kelas ekperimen lebih baik dari pada kelas ekspositori; adanya peningkatan kemampuan menjawab soal secara sistematis/tepat (fluency), memberikan jawaban yang beragam (flexibility), dan jawabannya menggunakan bahasa atau ide sendiri (orisinalitty).
Abstract
The purpose of this research is to study characteristics of  model TAPPS with IDEP DCG strategy aided MST and produce valid mathematical learning tools, practical and effective. This research includes type of research development. Learning software development refers to model Thiagarajan, Semmel and Semmel. The data collection consists of sheet validation, student activity sheet, motivation sheet, student response sheet, sheet ability of teachers to implement learning. Study showed: (1) characteristics TAPPS learning is effective learning, fun, innovative, and foster the spirit of self-confidence in students so that they can bring new ideas to solve problems systematically, (2) learning tools developed valid; syllabus, RPP, LKS, student book  and TKBK with each criterion very well; (3) otherwise practical learning tools, namely: a) the ability of teachers to implement the lessons learned on average 4,395; and b) the positive student response has an average of 86%; (4) effective mathematics teaching, research data shows mastery learning exceeds 75%, the positive inf luence of activity and motivation of students to think creatively completeness of 86.2%; comparisons based on experimental classes are better than the expository class; an increase in the ability to answer questions in a fluency, f lexibility, and orisinalitty.