Abstract

Abstrak

Problem  Centered  Learning (PCL)  yang  dipadukan  dengan  pelatihan  metakognitif dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah materi peluang siswa SMK valid, praktis dan efektif ?. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan (1) silabus, (2) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (3) buku siswa dan (4) LKPD. Data diperoleh dari validasi ahli untuk uji valid, respon siswa dan pengamatan kemampuan guru menggunakan  perangkat  untuk uji praktis, dan pengamatan  keaktifan siswa, angket motivasi siswa dan tes kemampuan memecahkan masalah untuk uji efektif. Teknik  analisis  data  menggunakan  uji  ketuntasan,  beda  rata-rata  dan  pengaruh.

Diperoleh  hasil  penelitian:  1)  perangkat  pembelajaran  yang  dikembangkan  valid

dengan skor rata-rata silabus = 3,50, RPP = 3,44, buku siswa = 3,33 dan LKPD = 3,29. 2) uji coba terbatas praktis dengan skor   rata-rata respon siswa 90% dan skor rata-rata  kemampuan  guru  3,90.  3) uji coba  lapangan  efektif,  dengan  kriteria  (1) tuntas, (2) nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,59 lebih besar dari nilai rata- rata kelas kontrol sebesar 46,15, (3) persamaan regresi pengaruh keaktifan (X1) dan motivasi (X2) terhadap kemampuan pemecahan.  Permasalahan  pada penelitian ini adalah:  Bagaimana  dan  hasil pengembangan  perangkat  pembelajaran  matematika melalui pendekatan problem centered learning (masalah (Y) adalah Ŷ = 20,397 + 0,356X1 + 0,337X

2 , dengan kontribusi masing-masing X1 sebesar 89,4% dan X2 sebesar 92,2%.

Abstract

This research  is the development  of  mathematical  learning problem  centered  learning  with metacognitive training approach. Training in enhancing the problem solving abilities of students vocational opportunities valid material, practical and effective?. Developed learning tools are (1) syllabus, (2) lesson plan (RPP), (3) student book and (4) LKPD. Analysis using mastery test, the average difference test and test the inf luence. Results obtained: 1) learning tools developed valid with an average score syllabus = 3.50, RPP = 3.44, = 3.33 and student book LKPD = 3.29.

2) limited practical test with an average score of  90% student response and an average score of

3.90 teachers’ abilities. 3) effective field trials, with criteria (1) complete, (2) the average value of the experimental class was 80.59 greater than the average value of control class is 46.15, (3) the influence of the liveliness of the regression equation (X1) and motivation (X2) to problem-solving

 

1

ability (Y) is Ŷ = 20,397 + 0,356X1 + 0,337X2, with the contribution of each X  in the amount

of 89.4% and in the amount of X2 92.2%.