PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN PMRI BERMUATAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil perangkat pembelajaran matematika model DLPS dengan pendekatan PMRI yang valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Silabus, RPP, Buku Peserta didik, LKPD dan test kemampuan pemecahan masalah. Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester genap SMAN 4 Semarang. Variabel penelitian meliputi keaktivan (X1) dan sikap peserta didik (X2) dan kemampuan pemecahan masalah (Y). Pengembangan perangkat pembelajaran  mengacu pada model Plomp, yaitu: (1) investigasi awal (prelimenary investigation), (2) perancangan (design); (3) realisasi/ kontruksi (realization/construction), (4) pengujian, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision), dan (5) implementasi (implementation). Hasil Penelitian menunjukkan: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah dinyatakan valid dan (2) uji coba perangkat menghasilkan (a) secara signifikan prestasi belajar peserta didik melebihi KKM = 70 dan lebih dari 80% peserta didik mencapai KKM yaitu 93,75%. Simpulan dari penelitian ini adalah model DLPS dengan Pendekatan PMRI bermuatan karakter untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi trigonometri kelas X
merupakan model pembelajaran yang valid dan efektif, dan praktis.
Abstract
The purpose of this study is to obtain the results of mathematical learning DLPS models with PMRI approachment charged  character that is valid, pratical and effective. The learning instruments which are developed include syllabus, lesson plan, student book, student work sheets, and problem solving abilities test. The subject of this study are the students of Senior High School 4 Semarang. The variable of this research include the activity as (X1) and the student’s attitudes as (X2). while the dependent variable is the problem solving abilities as (Y). The learning development refers to a model of Plomp i.e : (1) prelimenary investigation, (2) design, (3) realization/construction, (4) test, evaluation and revision, and (5) implementation. The result of the study shows: (1) The learning instruments that is developed is valid, (2) the result of experimental instrument  shows : (a) the individual problem solving abilities exceed the KKM value = 70  and 93,75 % of the students can achieve above the standard  of 80%. The conclusions of this study is the  model of Double Loop Problem Solving Learning with PMRI to enhance the Problem Solving Abilities is a Learning Model that is valid, practical and effective.