KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII BERDASARKAN GAYA KOGNITIF
Abstract
Kemampuan literasi matematika adalah kemampuan seseorang untuk memahami dan menerapkan pengetahuan dasar matematika dalam kehidupan sehari-hari. Perbedaan gaya kognitif siswa sebagai bagian dari karakteristik individu yang menyebabkan perbedaan pada kemampuan literasi setiap siswa perlu diperhatikan pada kegiatan pembelajaran. PMRI merupakan salah satu pembelajaran yang dapat mendukung aktivitas siswa dalam mengembangkan kemampuan literasi matematika. Sebanyak 36 siswa ditentukan gaya kognitifnya dengan menggunakan Matching Familiar Figure Test (MFFT) sehingga diperoleh empat kategori: 2 siswa reflektif, 11 siswa impulsif, 2 siswa fast accurate, dan 21 siswa slow innaccurate. Pencapaian aspek literasi matematika siswa reflektif, impulsif, fast accurate, dan slow innaccurate berbeda-beda dengan siswa fast accurate yang menonjol pada aspek representation dan devising strategies for solving problems. Hal ini didukung oleh adanya peningkatan kemampuan literasi matematika pada siswa dengan nilai peningkatan terbesar dicapai siswa fast accurate. Guru dapat menerapkan pembelajaran PMRI untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa dengan tipe gaya kognitif yang berbeda-beda.
Mathematics literacy is an indiviudal’s ability to understand and apply basic mathematical capabilities in daily life. Learning process should pay attention to the difference of students’ cognitive style as a part of individual characteristics that make difference to students’ mathematics literacy ability. PMRI learning activites may help students in developing their mathematics literacy ability. Matching Familiar Figure Test are tested to 36 students which results four categories: 2 reflective students, 11 impulsive students, 2 fast accurate students, and 21 slow innaccurate students. Students’ different cognitive styles affect their different mathematics ability, fast accurate students gained best score at representation and devising strategies for solving problems. It is also supported by their highest improvement of mathematics literacy ability. Teachers may apply PMRI learning for every students whose different cognitive style to improve their mathematics literacy ability.