Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan pembelajaran model SAVI berpendekatan kontekstual; mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada ketiga kelas sampel; mengetahui pengaruh karakter  kerja keras terhadap kemampuan pemecahan masalah; mendeskripsikan karakter kerja keras yang diajarkan dengan model SAVI berpendekatan kontekstual dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan kategori atas, menengah, bawah pada karakter kerja keras siswa yang diajarkan model SAVI berpendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi tipe sequential explanatory. Penelitian tahap pertama menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan menggunakan model SAVI berpendekatan kontekstual tuntas baik individual maupun klasikal, kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas yang diajarkan model SAVI berpendekatan kontekstual lebih baik dari siswa yang diajarkan SAVI tanpa berpendekatan lebih baik  dari siswa dengan pembelajaran konvensional, terdapat pengaruh karakter kerja keras terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan besarnya pengaruh 56.3%. Penelitian tahap kedua menunjukan bahwa jika karakter kerja kerasnya makin baik maka kemampuan pemecahan masalahnya juga makin baik. Karakter kerja keras siswa pada kelas dengan pembelajaran model SAVI berpendekatan kontekstual kebanyakan siswa berada pada kelompok menengah yaitu sebanyak 73%.

This study aimed to knowing completeness of students' problem solving ability using SAVI model with contextual approach, the difference of students’ problem solving ability between three sample classes, the effect of hard work character towards problem solving ability, describing the hard work character of students’ who are taught by SAVI model with contextual approach and describing the problem solving ability based on high, fair, and low category on hard work character of the students. This study used sequential explanatory type of combination method. The first phase of this study shows that students who are taught by SAVI learning model using contextual approach experienced completeness both individually and classically and was better than those who were not, there is an effect of students’ hard work character towards problem solving ability with the percentage is 56.3%. The second phase of this study shows that the hard work character of students who are taught by SAVI model with contextual approach is on fair category that is 73%. This study showed that if the hard word character was good than problem solving ability of students was good too.