DIARY TERATAS (TERAPI ANAK OBESITAS) DALAM PERUBAHAN PERILAKU GIZI SISWA SEKOLAH DASAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Destya Sekar Ayu
Oktia Woro Kasmini Handayani

Abstract

Obesitas merupakan suatu keadaan yang melebihi dari berat badan relatif seseorang sebagai akibat penumpukan zat gizi terutama karbohidrat, lemak dan protein. Obesitas  pada anak sekolah merupakan masalah serius karena akan berlanjut hingga usia dewasa serta merupakan faktor risiko terjadinya penyakit metabolik dan degeneratif. Upaya pencegahan dan terapi obesitas pada anak dapat dilakukan dengan cara pengaturan diet, peningkatan aktifitas fisik dan mengubah pola hidup atau perilaku. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media Diary TERATAS (Terapi Anak Obesitas) yang berisi pedoman dan rekam jejak diet terhadap perubahan perilaku gizi pada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan rancangan one group pre-test post-test design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas 5 SD Islam Al Azhar 14 Kota Semarang yang masuk dalam kategori obesitas. Pada penelitian ini digunakan total sampling. Jumlah responden adalah 32 siswa. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (wilcoxon). Dari hasil penelitian didapatkan hasil signifikansi antara nilai pre-test dan post-test adalah 0,000. Nilai p (0,000) < 0,05, maka pemberian media Diary TERATAS (Terapi Anak Obesitas) mampu mengubah perilaku gizi siswa di SD Islam Al Azhar 14 Kota Semarang.


 


Obesity was a condition when the body weight of a person was more than the relative body weight as the result of the accumulation of nutrients especially carbohydrate, fat and protein. Obesity in school children was a serious problem since it would continue until they were adult and it was also the factor of metabolic and degenerative disease. The prevention and control of obesity in school children could be done by putting them on diet, increasing their physical activities, and changing their life styles or their behaviors. This study aimed to determine the effect of the use of “Diary TERATAS†(Terapi Anak Obesitas) which contained the guidance and track records of diet in changing nutritional behavior of elementary students. This research was pre-experiment research with one group pre-test post-test design. The population was 5th graders of Islamic Elementary School of Al Azhar 14 Semarang with obese category. It used total sampling with 32 students as respondents. Data analysis used univariate and bivariate (Wilcoxon). From the research, it showed significance between the pre-test and post-test was 0.000. P-value (0.000) <0.05, therefore “Diary TERATAS†(Terapi Anak Obesitas) provision capable in changing nutritional behavior of Islamic Elementary School of Al Azhar 14 Semarang students.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Destya Sekar Ayu, Gedung F5 Lantai 2 FIK Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Oktia Woro Kasmini Handayani, Gedung F5 Lantai 2 FIK Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
How to Cite
Ayu, D., & Kasmini Handayani, O. (2016). DIARY TERATAS (TERAPI ANAK OBESITAS) DALAM PERUBAHAN PERILAKU GIZI SISWA SEKOLAH DASAR. Unnes Journal of Public Health, 5(2), 167-175. https://doi.org/10.15294/ujph.v5i2.10125

References

ACYS. (2012). Youth Obesity and Overweight in Australia. Retrieved from http://www.acys.info/facts/obesity/FTF_Obesity_briefing.pdf>

Anam, MS. (2010). Pengaruh Intervensi Diet dan Olahraga terhadap Indeks Massa Tubuh, Kesegaran Jasmani, hsCRP dan Profil Lipid pada Anak Obesitas. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. (2010). Riset Kesehatan Dasar 2010. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

------------------. (2013). Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
Bastian, I. (2006). Akuntansi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Budiyati. (2011). Analisis Faktor Penyebab Obesitas Pada Anak Usia Sekolah di SD Islam Al-Azhar 14 Kota Semarang. Jakarta: Universitas Indonesia.

Ch, M. Udiani. (2000). Hidup Sehat dengan Akal Sehat. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Dinkes. (2004). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2004. Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Donnelly, J. E., Greene, J. L., Sullivan, D. K., Washburn, Schmelzle, Ryan, J.J., Gibson, C. A., DuBose, K., Smith, B. K., Matthew S, M., Jacobsen, D. J., A., R., H., K. & Williams, S. L. (2009) Physical Activity Across the Curriculum (PAAC): a randomized controlled trial to promote physical activity and diminish overweight and obesity in elementary school children. Preventive Medicine, 49 (4), 336-341.

Fung, C., Stefan Kuhle, Connie Lu, Megan Purcell, Marg Schwartz, Kate Storey & Veugelers, P. J. (2012) From “best practice” to “next practice” : the effectiveness of school-based health promotion in improving healthy eating and physical activity and preventing childhood obesity. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity 2012, 9, 27.

Hidayati, Antina. Nevi. (2009). Obesitas pada Anak, Pentingnya Penanganan Secara Multifaktorial. Retrieved from http://doktersenyum.blogspot.com.

Kementerian Kesehatan RI. (2012). Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Kegemukan dan Obesitas pada Anak Sekolah. Jakarta: Kemenkes RI.

Krolner, R., Jorgensen, T. S., Aarestrup, A. K., Christiansen, A. H., Christiansen, A. M. & Due, P. (2012) The Boost study: design of a school- and community-based randomized trial to promote fruit and vegetable consumption among teenagers. BMC Public Health 12 , 191, 1-25.

Lally P et al. (2009). How are habits formed: Modelling habit formation in the real world. European Journal of Social Psychology, 40, 998-1009.

Machfoedz Ircham, Eko Suryani. (2009). Pendidikan Kesehatan Bagian dari Promosi Kesehatan, Yogyakarta: Fitramaya.

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
------------------. (2005). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
------------------. (2007). Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Sartika, R.A.D. (2011). Faktor Risiko Obesitas Pada Anak 5-15 Tahun Di Indonesia, MAKARA KESEHATAN, 15, 37-43.

Sulistyoningsih, Hariyani. (2011). Gizi untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Thasim, S., Syam, A. & Najamuddin, U. (2013). Pengaruh Edukasi Gizi terhadap Perubahan Pengetahuan dan Asupan Zat Gizi Pada Anak Gizi Lebih Di SDN Sudirman I Makassar Tahun 2013. Makassar: FKM UNHAS.

WHO. (2012). Population-based Approaches to Childhood Obesity Prevention. Retrieved from http://apps.who.int/iris/bitstream/10665/80147/1/9789241503273_eng.pdf.