FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DROP OUT PENGOBATAN PENDERITA KUSTA TIPE MB

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nurul Afifah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan drop out pengobatan kusta tipe MB di Rembang. Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan case control. Populasi penelitian adalah penderita kusta tipe MB. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling berjumlah 30 orang pada masing-masing kelompok kasus dan kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan variabel yang berhubungan dengan drop out pengobatan kusta tipe MB adalah pengetahuan penderita tentang pengobatan kusta (p=0,049), pendapatan per kapita (p=0,034), pemahaman penderita terhadap instruksi tenaga kesehatan (p=0,014), jarak rumah penderita ke tempat pengobatan kusta (p=0,036) dan persepsi terhadap dukungan keluarga untuk berobat kusta (p=0,030). Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara pengetahuan penderita tentang pengobatan kusta, pendapatan per kapita, pemahaman penderita terhadap instruksi tenaga kesehatan, jarak rumah penderita ke tempat pengobatan kusta serta persepsi terhadap dukungan keluarga untuk berobat kusta. Variabel yang tidak berhubungan adalah tingkat pendidikan penderita, kualitas interaksi tenaga kesehatan dengan penderita dan efek samping obat yang dialami penderita. Disarankan bagi Dinas Kesehatan Rembang untuk meningkatkan surveilans epidemiologi kusta. Bagi Puskesmas untuk meningkatkan program pengobatan kusta. Bagi peneliti lain untuk menghindari bias recall.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Afifah, N. (1). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DROP OUT PENGOBATAN PENDERITA KUSTA TIPE MB. Unnes Journal of Public Health, 3(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ujph/article/view/3567

References

Budioro B. 2003. Pengantar Epidemiologi. FKM UNDIP. Semarang.
Dewi C. 2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Drop Out (DO) Pengobatan Penderita Kusta di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Bojonegoro. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dinkes Jateng. 2013. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Semarang.
Dirjen P2 dan PL. 2007. Buku Pedoman Nasional Pengendalian Penyakit Kusta. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Gopalakrishnan S. 2005. Dropouts During Treatment For Leprosy ( A Study In The ELEP Leprosy Control Project, Dharmapuri Distric. Tamilnadu During 2002-2004). National Library of Medicine National Institute of Health.

Green Lawrence W dkk. 2003. Perencanaan Pendidikan Kesehatan Sebuah Pendekatan Diagnosis. Diterjemahkan oleh Zulazmy Namdy, Tafal, Sudarti Kresno. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Jakarta.

Ichwanul F. 2003. Analisis Kasus Drop Out Berobat pada Penderita Kusta di Propinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta tahun 2001-2002. Tesis. Universitas Indonesia.

Koning PD and Ende VD. 2010. Are Guidelines for Field Treatment of Leprosy Reactions Evidence-Based? A Comprehensive Literature Review. Vol:3 No 10 hal 18-24.

Laporan P2PL Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang tentang Pengobatan Penderita Kusta Tahun 2012.

Liliweri A. 2007. Dasar-Dasar Komunikasi Kesehatan (Cetakan I). Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Mubarak WI dan Chayatin N. 2009. Ilmu Kesehatan Masyarakat:Teori dan Aplikasi. Salemba Medika. Jakarta.
Murti B. 2003. Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Notoatmojo S. 2005. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Rineka Cipta. Jakarta.

Racmani E. 2011. E-Medical Record Sebagai Register Kohort Pengobatan Pasien Kusta untuk Menghindari Drop Out Pengobatan di RS Donorojo Jepara. Tesis. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

Toha M. 2007. Hubungan Persepsi Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Penderita Kusta Menjalani MDT (Multy Drug Therapy) di Puskesmas Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun 2006. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

WHO. 2005. Pedoman Eliminasi Kusta Mengatasi Masalah Kesehatan Masyarakat (Cetakan Versi Indonesia). Disadur oleh Ditjen PPM & PL. PT Wangsit Eukeur Buana. Jakarta.