PENGARUH LATIHAN WHEELBARROW DAN PUSH UP STANDAR TERHADAP KETEPATAN SMASH (Eksperimen pada Pemain Bulutangkis PB Locomotif Temanggung Tahun 2022)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Kartika Fajri Ermanda
Moh. Nasution

Abstract

Ketepatan atlet dalam melakukan smash bulutagkis masih belum akurat sehingga smash tidak tepat sasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh latihan wheelbarrow dan push up standar terhadap ketepatan smash pada pemain PB Locomotif Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Matched Subject Design dan dengan sampel sebanyak 16 atlet. Hasil penelitian dapat diketahui 1) nilai t-test kelompok eksperimen 1 diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,002<0,05 artinya ada pengaruh latihan wheelbarrow terhadap ketepatan smash. 2) nilai t-test kelompok eksperimen 2 diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,685>0,05 artinya tidak ada pengaruh latihan push up standar terhadap ketepatan smash. 3) nilai t-test perbedaan kelompok eksperimen 1 dan 2 diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,031<0,05 artinya ada perbedaan pengaruh latihan wheelbarrow dan push up standar terhadap ketepatan smash. Simpulan dari penelitian yaitu latihan wheelbarrow berpengaruh terhadap ketepatan smash dan latihan push up standar tidak berpengaruh terhadap ketepatan smash, dan kedua latihan memiliki perbedaan pengaruh.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ermanda, K., & Nasution, M. (2022). PENGARUH LATIHAN WHEELBARROW DAN PUSH UP STANDAR TERHADAP KETEPATAN SMASH (Eksperimen pada Pemain Bulutangkis PB Locomotif Temanggung Tahun 2022). Unnes Journal of Sport Sciences, 6(2), 151-157. https://doi.org/10.15294/ujoss.v6i2.57899