UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLABASKET MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mohammad Kamal Fauzi
Priyanto Priyanto
Suratman Suratman

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Pembelajaran tidak selalu diterima dengan baik oleh siswa. Mereka cenderung kurang memahami dengan apa yang sudah dijelaskan. Dalam penelitian ini peneliti mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar chest pass menggunakan media audiovisual dalam permainan bola basket. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 8 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa putri kelas VII F SMP Negeri 3 Kudus yang berjumlah 13 siswa.

Data penelitian ini adalah data hasil belajar chest pass atas siswa, perencanaan tindakan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, silabus, dan kurikulum yang diperoleh dari dokumen yang dimiliki guru dan sekolah. Data dikumpulkan melalui tehnik tes praktik, dan dokumentasi foto.

Dari hasil analisa data diketahui bahwa, hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan dengan data awal nilai rata-rata siswa sebesar 70,07. Pada siklus I nilai rata-rata tes siswa mencapai rata-rata 71,15. Pada siklus II mencapai rata-rata 87,5. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 61,5% dan pada siklus II sebesar 92,30%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audiovisual dalam pembelajaran chest pass permainan bola basket pada siswa kelas VII F SMP Negeri 3 Kudus dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

 

Abstract

___________________________________________________________________

On the basketball learning, still learning to use the actual ball. This research method is Classroom Action Research (Classroom Action Research). Classical mastery learning to be achieved in subjects penjas in SMK Negeri 8 Semarang is 85%. The average value of the class on the first cycle of the realm of affection reached 87.29% (excellent), cognitive reached 70.69% (excellent), psychomotor reached 75.18% (excellent), mastery learning klasikalnya reached 57.14%. In the second cycle of the realm of affection reached 92.57% (excellent), cognitive reached 86.07% (excellent), psychomotor reached 80% (good), mastery learning klasikalnya reached 85.71% (achieved). Improving student learning outcomes held after the first cycle (gain) of 0.4 with the criteria being, while the learning outcomes of students after the holding of the second cycle (gain) of 0.7 with the criteria being. Penjas for teachers to utilize this research are expected to observe field conditions that meet standards.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Mohammad Kamal Fauzi

SPORT COACHING EDUCATION

SPORT SCIENCE FACULTY

SEMARANG STATE UNIVERSITY

Priyanto Priyanto

SPORT COACHING EDUCATION

SPORT SCIENCE FACULTY

SEMARANG STATE UNIVERSITY

Suratman Suratman

SPORT COACHING EDUCATION

SPORT SCIENCE FACULTY

SEMARANG STATE UNIVERSITY

How to Cite
Fauzi, M., Priyanto, P., & Suratman, S. (2015). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLABASKET MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL. Unnes Journal of Sport Sciences, 4(1). https://doi.org/10.15294/ujoss.v4i1.8639

References

Abdur Rohim. 2008. Olahraga Bola Basket. Semarang: Aneka Ilmu.

Azhar Arsyad. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Danny Kosasih. 2008. Fundamental Basketball. Semarang: Karmedia

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Rusli Lutan. 2003. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Amung Ma’mun, dan Yudha M. Saputra,. 2000. Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: DEPDIKBUD

Surat Keputusan Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan. 2014. Pedoman penulisan Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : BPSDMPK dan PMP.

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi Universitas Negeri Semarang. 2014. Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Saifuddin Azwar. 2014. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sigit Budi Prasetyo. “Penggunaan Media Audiovisual untuk meningkatkan Hasil Belajar Materi Meroda Pada Senam Lantai”. Arena. 02/Th.XXXIII/Januri,2015:1539-1542

Subiyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Universitas Diponegoro

Suharsimi Arikunto. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah, dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Wissel, Hal.2000. Bola Basket: Dilengkapi dengan Program Pemahiran Teknik dan Taktik. Jakarta Utara: PT Raja Grafindo Persada.

Zainal Aqib, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Yrama Widya.