Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Berbasis Scratch pada Pokok Bahasan Hukum Oersted
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses pengembangan multimedia pembelajaran fisika berbasis scratch dan mengetahui kelayakan media tersebut. Proses pengembangan media ini dilakukan dengan menggunakan 4D Models (define, design, development, dissemination). Subjek penelitian ini adalah validator materi, validator media, siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pekalongan, dan guru mata pelajaran fisika. Hasil penelitian ini adalah produk multimedia pembelajaran fisika berbasis scratch berupa simulasi hukum Oersted dan video pembelajaran yang dikemas dalam website. Hasil uji kelayakan oleh validator materi dan media terhadap multimedia pembelajaran fisika menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran fisika ini sangat layak digunakan. Hasil uji coba multimedia pada siswa dan guru menunjukkan tanggapan yang positif terhadap penggunaan media dalam proses pembelajaran.
The purposes of this study are to know how physics learning multimedia based on scratch is developed and to know the feasibility of the multimedia. The procedure in developing this media is using 4D Models (define, design, development, dissemination). The subjects of this study are validator for the material and the media, students of XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Pekalongan, and he physics teachers. The result of the study is multimedia products based on scratch, they are Oersted’s law simulation and learning video which are collected in website. The result of the of multimedia from validator for material and media to the phisycs learning multimedia shows that this media is very feasible to be used. The result for the response of the students and teachers show a very good response to the usage of this media in learning process.