Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Tata Surya untuk Membangun Karakter pada Siswa SMP
Abstract
Masalah rendahnya pendidikan karakter menjadi sorotan publik. Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2010 merumuskan materi-materi pembelajaran perlu dikembangkan pendidikan karakter. Pengintegrasian karakter melalui LKS berpendekatan scientific pada materi tata surya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan desain LKS, mengetahui tingkat kelayakan dan tingkat keterbacaan LKS, peningkatan hasil belajar kognitif, dan perkembangan karakter siswa setelah menggunakan LKS. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research & Development). Uji coba kelompok besar menggunakan desain quasi experimental design berbentuk pretest dan posttest one group design. Berdasarkan hasil analisis, diketahui (1) kelayakan LKS berada pada kriteria layak; (2) tingkat keterbacaan LKS pada kriteria tinggi; (3) karakter yang berkembang pada kriteria sedang; dan (4) peningkatan hasil kognitif berada pada kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) desain LKS terdiri dari lima tahap pembelajaran scientific, karakter dimunculkan dari petunjuk kerja pada tahap-tahap pendekatan scientific dan materi tata surya; (2) tingkat kelayakan LKS berada pada kriteria layak; (3) tingkat keterbacaan LKS berada pada kriteria tinggi; (4) LKS dapat mengembangkan karakter disiplin, rasa ingin tahu, mandiri dan tanggung jawab; (5) LKS mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
The problem of low character education becomes the public spotlight. Curriculum Center of the Ministry of National Education in 2010 to formulate the learning materials need to develop character education. The integration of character through LKS has a scientific approach to the solar system material. The purpose of this study is to describe the design of LKS, know the level of eligibility and level of legality LKS, improvement of cognitive learning outcomes, and the development of student character after using LKS. The research method used is R & D (Research & Development). Large group trials used quasi design experimental design in the form of pretest and posttest one group design. Based on the results of the analysis, it is known (1) the feasibility of LKS is on the criteria worthy; (2) LKS legibility level on high criteria; (3) characters that develop on moderate criteria; and (4) the increase in cognitive outcomes is in moderate criteria. The conclusions of this study are (1) LKS design consists of five stages of scientific learning, character is generated from the work manual at the stages of scientific approach and solar system material; (2) the feasibility level of the LKS is in the criteria of eligibility; (3) LKS legibility is in high criteria; (4) LKS can develop the character of discipline, curiosity, independence and responsibility; (5) LKS can improve student learning outcomes