Analisis Peta Konsep dan Konsepsi Paralel Fisika Gelombang Calon Guru Fisika

  • Alethea Alethea Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Sarwi Sarwi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Suharto Linuwih Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini mengungkap gambaran pemahaman mahasiswa pada konsep fisika gelombang melalui analisis peta konsep dan konsepsi paralel. Subjek penelitian terdiri atas 5 orang mahasiswa semester 3 dan 6 orang mahasiswa semester 5  prodi pendidikan fisika. Data dikumpulkan dengan menggunakan  instrumen peta konsep dan tes tertulis konsepsi paralel dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif persentase untuk data kuantitatif, sedangkan untuk data kualitatif yaitu analisis satuan konsep dan analisis konsepsi paralel. Penelitian menyimpulkan bahwa (1) hasil analisis peta konsep menunjukkan rendahnya persentase pemahaman mahasiswa mengenai keterkaitan konsep getaran-gelombang-energi, hal itu disebabkan karena ketidaklengkapan konsep-konsep yang tercantum dalam peta konsep buatan mahasiswa dan kurangnya kemampuan bahasa mahasiswa dalam menggunakan kata penghubung yang tepat dalam membentuk proporsi, (2) ditemukan adanya konsepsi paralel pada topik penjalaran gelombang bunyi di udara dan sifat penjalaran gelombang elektromagnetik. Konsepsi paralel cenderung terjadi pada mahasiswa dengan tingkat semester yang lebih tinggi. Intuisi yang muncul dari pengalaman akademik yang lebih luas serta pemahaman konsep fisika gelombang yang tidak tepat berpotensi memunculkan konsepsi paralel pada pemikiran mahasiswa.

 

This research reveals description of the student’s understanding  upon waves concept of physics by concept map analysis and parallel conception. Subjects of research consisted of 5 students in third semester and 6 students in fifth semester of physics education study program. Data collected by  using concept map instrumen and written test of parallel conception with triangulation technique. The data analysis technique was descriptive percentage for quantitative data, while for qualitative data was unit concept analysis and parallel conception analysis. The study concluded that (1) the analysis results of concept map showed low percentage of student’s understanding at the linkages of vibration-waves-energy, it’s caused by the uncomplete concepts that listed in student’s concept map and the lack of  students’ languange abilities in used of liaison word when forming a proportion, (2) parallel conceptions were founded at the propagation of sounds waves in the air and the propagation of electromagnetic waves. Parallel conceptions were tend to accur at students with higher semester level. The appeared intuition from the larger of academic experiences and the uncorrect understanding of waves concept of physics potentially bring up parallel conception at student’s thought.

Published
2018-11-29
Section
Articles