Perbandingan Model Problem Based Learning Berbantuan Edmodo terhadap Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Fluida Dinamis

  • Lisa Nur Aulia Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Susilo Susilo Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Subali Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based
learning berbantuan edmodo terhadap kemandirian belajar dan pemahaman konsep fluida
dinamis. Penerapan model problem based learning dilakukan untuk menjadikan siswa lebih aktif
dalam kegiatan pembelajarannya. Pelaksanaan model problem based learning dibantu dengan
media edmodo untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan
adalah quasi experimental jenis nonequivalent control group design. Pengambilan sampel penelitan
menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan penigkatan kemandirian belajar
siswa dan pemahaman konsep fluida dinamis sebesar 0,32 dan 0,61 dengan kriteria cukup.
Respon siswa terhadap penggunaan media edmodo dalam pembelajaran diperoleh dengan
presentase 68,53% dengan kategori tinggi. Keterlaksanaan pembelajaran menggunkan model
problem based learning berbantuan edmodo menunjukkan prosentase sebesar 94,11% dengan
kategori tinggi.

 

This study aims to determine the effect of the implementation of problem-based learning model use
edmodo to self-regulated and conceptual understanding of fluid dynamics. Application of problem based
learning model is done to make students more active in learning activities. Implementation of problem based
learning model assisted with edmodo media is to support learning activities. The research design used was quasi
experimental type nonequivalent control group design. Sampling research using purposive sampling. Sampling
research used purposive sampling. The results showed improvement of students' self-regulated learning and
conceptual understanding of dynamic fluid is 0.32 and 0.61 with sufficient criteria. Students' responses to the
use of edmodo media in learning were obtained with a percentage of 68.53% with “high†category. The
implementation of learning using edmodo-based problem-based learning model shows a percentage of 94.11%
with “high†category

Published
2018-11-29
Section
Articles