Analisis Kemampuan Representasi Diagram Bebas Benda pada Materi Hukum Newton

  • Farah Kinayu Sekarpratiwi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Ngurah Made Darma Putra Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Agus Yulianto Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kemampuan representasi diagram bebas benda siswa pada materi Hukum Newton (2) Kesulitan-kesulitan siswa dalam merepresentasikan diagram bebas benda pada materi Hukum Newton. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian mix method. Penelitian dilakukan melalui kegiatan tes tertulis dan  wawancara.  Kegiatan tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan reresentasi diagram bebas benda yaitu berupa gambar diagram bebas benda. Kegiatan wawancara digunakan untuk memperoleh data kesulitan siswa dalam menggambarkan diagram bebas benda yaitu berupa uraian hasil wawancara. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi diagram bebas benda siswa termasuk dalam kategori Needs Improvement (butuh peningkatan). Kesulitan yang paling banyak dialami siswa dalam membuat diagram bebas benda adalah menentukan panjang vektor gaya yang bekerja pada benda.

 

This study aims to determine: (1) the students’s representation ability of free-body diagrams on Newton's Law material (2) the difficulties of students in representing the free-body diagrams on Newton's Law. The type of research conducted is mix method research. The research is done by test and interview. The test activity is used to obtain the data of representation ability of free-body diagrams in the form of free-body diagrams image. The interview activity is used to obtain the data of student difficulty in representing the free-body diagrams in the form of description of interview result. The subject of this research is the students of class X MIPA SMA Negeri 1 Kudus. The results showed that the students’s representation ability of free-body diagrams included in the category of Needs Improvement. The most difficulty experienced by students in making the free-body diagrams is to determine the length of the force vector that works on the object

Published
2018-11-29
Section
Articles