ANALISIS BUKU AJAR FISIKA SMA KELAS XII DI KABUPATEN PATI BERDASARKAN MUATAN LITERASI SAINS

  • Naim Maturradiyah Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang,Indonesia, 50229
  • Ani Rusilawati Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang,Indonesia, 50229
Keywords: Textbook, Category Science Literacy, Science Literacy

Abstract

Abstrak

Literasi sains merupakan kemampuan menggunakan pengetahuan, mengidentifikasi pertanyaan, dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti dalam rangka memahami serta membuat keputusan berkenaan dengan alam. Oleh karena itu, berbagai upaya untuk meningkatkan penguasaan literasi sains sangat diperlukan. Salah satu faktor penting untuk meningkatkan pembelajaran sains adalah buku ajar khususnya fisika. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang tingkat muatan literasi sains buku ajar Fisika SMA kelas XII dalam kategori sains sebagai batang tubuh pengetahuan, cara menyelidiki, cara berfikir, dan interaksi sains, teknologi, dan masyarakat. Hasil penelitian dari keseluruhan buku ajar yang dianalisis, secara umum menyajikan ruang lingkup kategori literasi sains sebagai batang tubuh pengetahuan sebesar 70,94%; sains sebagai cara untuk menyelidiki sebesar 7,08%; sains sebagai cara berfikir sebesar 19,08%; dan interaksi antara sains, teknologi dan masyarakat sebesar 2,90%. Data tersebut menggambarkan bahwa buku ajar fisika yang digunakan dalam proses pembelajaran umumnya menekankan pada pengetahuan sains.

 

Abstract

 

Scientific literacy is the ability to use knowledge, to identify questions and conclusions based on the evidence in order to understand and make decisions with regard to nature. Therefore, efforts to improve the mastery of scientific literacy is indispensable. One important factor to improve science learning is textbooks particularly on physics. This research aimed to obtain information about the charge level of scientific literacy textbook high school physics class XII in the category of science as a body of knowledge, how to investigate, how to think, and the interaction of science, technology, and society. The research of the overall textbooks analyzed, the scope of the present general scientific literacy category as body of knowledge by 70.94%, science as a way to investigate at 7.08%, science as a way of thinking by 19.08%, and the interaction between science, technology and society at 2.90%. The data illustrate that physics textbooks used in the learning process generally emphasizes on scientific knowledge.

References

Adisendjaja, Y. H. 2009. Analisis Buku Ajar Biologi SMA Kelas X di Kota Bandung Berdasarkan Literasi Sains. Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chiappetta, E. L., D. A. Fillman, & G. H. Sethna. 1991. A Method to Quantify Major Themes of

Scientific Literacy in Science Textbooks. Journal of research in science teaching, 28(8): 713-725.

Chiappetta, E. L., D. A. Fillman, & G. H. Sethna. 1993. Do Middle School Life Science Textbooks Provide a Balance of Scientific Literacy Themes?. Journal of research in science teaching, 30(2): 787-797.

Firman, H. 2007. Laporan Analisis Litersi Sains Berdasarkan Hasil PISA Nasional Tahun 2006. Jakarta : Pusat Penelitian Pendidikan Balitbang Depdiknas.

Leonard, W. H. & J. E. Penick. 1993. What’s Important in selecting a Biology Textbooks?. Journal of The American Biology Teacher, 55(1): 14-19.

Lumpe, A. T. & J. Beck. 1996. A Profile of High School Biology Textbooks Using Scientific Literacy Recommendations. Journal of The American Biology Teacher, 58 (3): 147-153.

OECD. 2003. PISA 2003 Assessment Framework – Mathematics, Reading, Science and Problem Solving Knowledge and Skills. Paris: OECD.

OECD. 2007. PISA 2006. Science competencies for tomorrow’s world. Volume I : analysis. Paris: OECD.

Pusat Perbukuan Depdiknas. 2003. Standar Penilaian Buku Pelajaran Sains. Jakarta: Depdiknas.

Rusilowati, A. 2013. Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pengembangan Instrumen Penilaian. Pidato Pengukuhan Profesor Unnes Semarang.

Tarigan, H. G. & D. Tarigan. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung : Angkasa.

Section
Articles