ANALISIS PEMAHAMAN SISWA SMA TERHADAP FLUIDA PADA HUKUM ARCHIMEDES

  • fitri Setyo Ningrum Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Suharto Linuwih
Keywords: Conception, Conceptual Change, Archimedes’ Law

Abstract

Abstrak

Belajar fisika membutuhkan suatu pemahaman konsep. Salah satu materi fisika yang membutuhkan pemahaman
konsep  beserta  aplikasinya  adalah  Hukum  Archimedes.  Dalam  materi  tersebut  peneliti  dapat  mengetahui
konsepsi, perubahan konseptual, dan faktor penyebab terjadinya konsepsi pada siswa SMA, dengan melakukan
penelitian  kualitatif.  Subjek  penelitian  adalah  siswa  kelas  X  dan  kelas  XI  SMA  N  1  Cilacap  tahun  pelajaran
2013/2014.  Pada  tahap  awal,  siswa  diberi  soal  berupa  tes  tertulis  untuk  memunculkan  konsepsi.  Sedangkan
untuk  mengetahui  lebih  dalam  konsepsi  pada  siswa,  serta  perubahan  konseptual  yang  terjadi  pada  siswa,
dilakukan  wawancara.  Berdasarkan  hasil  analisis  kedua  data  tersebut,  maka  akan  diketahui  faktor  penyebab
terjadinya konsepsi. Bentuk konsepsi yang  muncul pada siswa kelas X cenderung pada konsepsi alternatif, dan
kelas XI berupa konsepsi ilmiah, konsepsi alternatif, maupun konsepsi paralel. Sedangkan perubahan konseptual
yang  terjadi  berupa,  konsepsi  alternatif  menjadi  konsepsi  ilmiah  maupun  konsepsi  ilmiah  menjadi  konsepsi
alternatif.  Faktor  penyebab  terjadinya  konsepsi  maupun  perubahan  konseptual  pada  siswa  kelas  X  cenderung
akibat  intuisi  kehidupan  sehari-hari,  dan  pemahaman  kurang  mendalam.  Sedangkan,  untuk  siswa  kelas  XI,
faktor penyebab terjadinya konsepsi akibat pengetahuan sebagai struktur teoritis, pemahaman kurang mendalam,
pengetahuan sebagai serpihan terpisah-pisah, dan apresiasi konseptual

 

Abstract

Learning  in  the  field  of  physics  requires  an  understanding  of  concept.  One  physics  material,  which  requires  students  to
understand the concept and its  application is the Archimedes’ Law. In this material, to find out the conception, conceptual
change and the factors contributing to the conception of the high school students, then qualitative study was conducted. Subjects
used for this research were tenth graders and eleventh graders of SMA N 1 Cilacap in the academic year 2013/2014. First time
students were given a written test to bring up the conception. Meanwhile, in order to know the conceptual change that occurred
in the students, an interview was conducted. Based on the result of the analysis on the two data, there would be found the fa ctor
contributing to the conception. The form of conception emerging in the tenth graders tended to the alternative conception, while
for  the  eleventh  graders  was  in  the  form  of  scientific  conception,  alternative  conception,  or  parallel  conception.  Meanwhile,
conceptual change which were mostly found in the students, in the form of alternative conception becoming scientific conception
or scientific conception becoming alternative conception. Factors contributing to the conception and conceptual change in the
tenth graders were likely due to the intuition of everyday life, and lack of in-depth understanding. Meanwhile, for the eleventh
graders who just got the material, the factors contributing to the conception were because of knowledge as a theoretical stru cture,
lack of in-depth understanding, knowledge as separate fragments, and conceptual apreciation.

References

diSessa, A. 1988. Knowledge in Pieces. New Jersey:

Lawrence Erlbaum Publishers.

Garcia-Franco, A. & Taber, K.S. 2006. Learning

Processes and Parallel Conceptions. Learning

about the Particulate Nature of Matter. Online.

Tersedia di

http://people.pwf.cam.ac.uk/kst24/Researc

hStudents/AGF2006SEA

Gseminar.ppt [diakses 21-12-2013].

Hartmann, S. & Niedderer, H. 2005. Parallel

Conceptions in The Domain of Force and

Motion. Research And the Quality Of Science

Education, 471 – 481

Hung, W. & Jonassen, D.H. 2006. Conceptual

Understanding of Causal Reasoning in

Physics. International Journal of Science

Education, 28 (13): 1601–1621.

Lilia, H., S.M. Meerah. 2002. Science Trainee on

Physics Theaching. Research in Science &

Technologi Education, 20: 215-225.

Linuwih, S. 2011. Konsepsi Paralel Mahasiswa Calon

Guru Fisika pada Topik Mekanika. Disertasi.

Bandung: FMIPA Univeristas Pendidikan

Indonesia.

Ozdemir, O. F. 2004. The Coexistence of Alternative and

Scientific Conceptions in Physics. Disertasi. The

Ohio State University.

Pratiwi, E. D. 2013. Alat Peraga Hukum Archimedes

untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep

Siswa. Tesis. Semarang: FMIPA Universitas

Negeri Semarang.

Suratno, T. 2008. Konstruktivisme, Konsepsi

Alternatif dan Perubahan Konseptual dalam

Pendidikan IPA. Jurnal Pendidikan Dasar,

(10): 1-3.

Vosniadou, Stella. 1994. Capturing and Modeling the

Process of Conceptual Change. Jurnal

Learning and Instruction, 4: 45-69.

Section
Articles