ANALISIS PEMAHAMAN SISWA SMA TERHADAP FLUIDA PADA HUKUM ARCHIMEDES
Abstract
Abstrak
Belajar fisika membutuhkan suatu pemahaman konsep. Salah satu materi fisika yang membutuhkan pemahaman
konsep beserta aplikasinya adalah Hukum Archimedes. Dalam materi tersebut peneliti dapat mengetahui
konsepsi, perubahan konseptual, dan faktor penyebab terjadinya konsepsi pada siswa SMA, dengan melakukan
penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X dan kelas XI SMA N 1 Cilacap tahun pelajaran
2013/2014. Pada tahap awal, siswa diberi soal berupa tes tertulis untuk memunculkan konsepsi. Sedangkan
untuk mengetahui lebih dalam konsepsi pada siswa, serta perubahan konseptual yang terjadi pada siswa,
dilakukan wawancara. Berdasarkan hasil analisis kedua data tersebut, maka akan diketahui faktor penyebab
terjadinya konsepsi. Bentuk konsepsi yang muncul pada siswa kelas X cenderung pada konsepsi alternatif, dan
kelas XI berupa konsepsi ilmiah, konsepsi alternatif, maupun konsepsi paralel. Sedangkan perubahan konseptual
yang terjadi berupa, konsepsi alternatif menjadi konsepsi ilmiah maupun konsepsi ilmiah menjadi konsepsi
alternatif. Faktor penyebab terjadinya konsepsi maupun perubahan konseptual pada siswa kelas X cenderung
akibat intuisi kehidupan sehari-hari, dan pemahaman kurang mendalam. Sedangkan, untuk siswa kelas XI,
faktor penyebab terjadinya konsepsi akibat pengetahuan sebagai struktur teoritis, pemahaman kurang mendalam,
pengetahuan sebagai serpihan terpisah-pisah, dan apresiasi konseptual
Â
Abstract
Learning in the field of physics requires an understanding of concept. One physics material, which requires students to
understand the concept and its application is the Archimedes’ Law. In this material, to find out the conception, conceptual
change and the factors contributing to the conception of the high school students, then qualitative study was conducted. Subjects
used for this research were tenth graders and eleventh graders of SMA N 1 Cilacap in the academic year 2013/2014. First time
students were given a written test to bring up the conception. Meanwhile, in order to know the conceptual change that occurred
in the students, an interview was conducted. Based on the result of the analysis on the two data, there would be found the fa ctor
contributing to the conception. The form of conception emerging in the tenth graders tended to the alternative conception, while
for the eleventh graders was in the form of scientific conception, alternative conception, or parallel conception. Meanwhile,
conceptual change which were mostly found in the students, in the form of alternative conception becoming scientific conception
or scientific conception becoming alternative conception. Factors contributing to the conception and conceptual change in the
tenth graders were likely due to the intuition of everyday life, and lack of in-depth understanding. Meanwhile, for the eleventh
graders who just got the material, the factors contributing to the conception were because of knowledge as a theoretical stru cture,
lack of in-depth understanding, knowledge as separate fragments, and conceptual apreciation.
References
diSessa, A. 1988. Knowledge in Pieces. New Jersey:
Lawrence Erlbaum Publishers.
Garcia-Franco, A. & Taber, K.S. 2006. Learning
Processes and Parallel Conceptions. Learning
about the Particulate Nature of Matter. Online.
Tersedia di
http://people.pwf.cam.ac.uk/kst24/Researc
hStudents/AGF2006SEA
Gseminar.ppt [diakses 21-12-2013].
Hartmann, S. & Niedderer, H. 2005. Parallel
Conceptions in The Domain of Force and
Motion. Research And the Quality Of Science
Education, 471 – 481
Hung, W. & Jonassen, D.H. 2006. Conceptual
Understanding of Causal Reasoning in
Physics. International Journal of Science
Education, 28 (13): 1601–1621.
Lilia, H., S.M. Meerah. 2002. Science Trainee on
Physics Theaching. Research in Science &
Technologi Education, 20: 215-225.
Linuwih, S. 2011. Konsepsi Paralel Mahasiswa Calon
Guru Fisika pada Topik Mekanika. Disertasi.
Bandung: FMIPA Univeristas Pendidikan
Indonesia.
Ozdemir, O. F. 2004. The Coexistence of Alternative and
Scientific Conceptions in Physics. Disertasi. The
Ohio State University.
Pratiwi, E. D. 2013. Alat Peraga Hukum Archimedes
untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep
Siswa. Tesis. Semarang: FMIPA Universitas
Negeri Semarang.
Suratno, T. 2008. Konstruktivisme, Konsepsi
Alternatif dan Perubahan Konseptual dalam
Pendidikan IPA. Jurnal Pendidikan Dasar,
(10): 1-3.
Vosniadou, Stella. 1994. Capturing and Modeling the
Process of Conceptual Change. Jurnal
Learning and Instruction, 4: 45-69.