MENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE THINK PAIR SHARE MATERI KALOR PADA SISWA SMP

  • Alfu - Neizhela Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang,Indonesia, 50229
  • - - Mosik Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang,Indonesia, 50229
Keywords: contextual teaching and learning, Think Pair Share

Abstract

Pada masa sekarang masih banyak guru yang menerapkan metode ceramah dalam pembelajaran sehingga kurang mengaktifkan siswa dalam proses belajar. Kenyataan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa tidak mampu menghubungkan antara materi yang mereka pelajari dengan pemanfaatannya dalam kehidupan nyata. Kondisi berpengaruh pada hasil belajar mereka yang kurang memuaskan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 30 Semarang. Sampel diambil secara simple random sampling dan diperoleh siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol dan VII C sebagai kelas eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan pembelajaran kontekstual dengan metode Think Pair Share. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Peningkatan hasil tes tertulis analisis siswa sebelum (pretest) dengan sesudah treatment (posttest) dilihat melalui uji gain (g). Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kontekstual dengan metode Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Now, teachers apply method conventional in teaching so lacking enable students in the learning process. The fact is that most students are not able to connect between the material they learned with their use in real life. Its conditions affect their learning outcomes are less satisfactory. This study is experimental. The population in this study were all students of class VII  SMP N30 Semarang. Samples are taken by simple random sampling. and obtained class VII B and VII as a control class C as the experimental class. The purpose of this study was to determine the improvement of student learning outcomes with the use of contextual learning with Think Pair Share method. Data collection methods used in this study is the observation and tests. Improved results of the analysis of students' written test before ( pretest ) and after treatment ( posttest ) seen through the gain test ( g ). From these results , it can be concluded that the use of contextual teaching and learning with Think Pair Share method can improve student learning outcomes.

References

Adiputri, N.C. 2014. RI Terendah di PISA, WNA: Indonesian Kid’s Dont Know How Stupid They Are. Detik, Februari. Tersedia di http://news.detik.com/read/2014/02/08/153124/2491125/10/2/ri-terendah-di-pisa-wna-indonesian-kids-dont-know-how-stupid-they-are[diakses 18-3-2014].

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XII. Tersedia di http://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2013/06/paradigma-pendidikan-nasional-abad-xxi.pdf [diakses 31-7-2013].

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BSNP.

Efendi, N.F. 2008. Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Hake, R.R. 1998. Interactive Engagement versus Traditional Methods. American Journal Physics, 66(1): 64-74.

Hamalik, Oemar. 2002 . Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono, J. 2006. Filosofi, Pendekatan, dan Penerapan Pembelajaran Metode Kasus untuk Dosen dan Mahasiswa. Yogyakarta: Andi Offset.

Hikmah, D., dan M. Natsir. 2009. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Tipe Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika Siswa Kelas VIII-E SMP N 1 Ma’rang Kabupaten Pangkep. JSPF, 10 : 1-9.

Hornby, A.S. 2010. Oxford Advanced Learner’s Dictionary. New York: Oxford University Press.

Ismiyanto, P.C., Syafii dan Syakir. 2010. Implementasi Creative Problem Solving dalam Pembelajaran Menggambar : Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Unnes, VI(2) :103-113.

Lo, B., Nelson L., Christiana C.P.Y. 2007. Developing English Communication Skills Through Self Praactice Method. LJMS, 1 : 14-20.

Mahardika, I.K., Maryani, Selly C.C.M. 2012. Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Disertai LKS Kartun Fisika pada Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2) : 231-237.

Maknun, Johar. 2007. Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Fisika Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Prosiding Seminar Internasional Pendidikan IPA. Jakarta: FITK Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Maryanti, S., Zikra dan Nurfarhanah. 2012. Hubungan antara Keterampilan Komunikasi dengan Aktivitas Belajar Siswa. Tersedia di http://download.portalgaruda.org/article.php?article= 24854danval=1533 [diakses 26-03-2014]

Muslich, M. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugroho, Wahjudi. 2009. Komunikasi dalam Keperawatan Gerontik. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Pepkin, K.L. 2004.Creative Problem Solving in Math. Tersediadihttp://www.uh.edu/hti/cu/2004/v02/04.htm[diakses 2-5-2013].

Puccio, G.J., Mary C.M, Marie M. Current Developments in Creative Problem Solving for Organizations: a Focus in Thinking Skills and Styles. The Korean Journal of Thinking and Problem Solving, 15(2): 43-76.

Semiawan, Conny. 2008. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: PT Grasindo.

Siregar, M. A. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IS 1 SMA Swasta Al-Maksum Medan Tahun Pembelajaran 2010/2011. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.

Suharli, J.I Michell. 2008. Mindset Winning Strategy for Winning People. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Tynan, Bernadette. 2004. Melatih Anak Berpikir Seperti Jenius. Translated by Alpha M.F. 2005. Bandung : Gramedia Pustaka Utama.

Warimun, E.S. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Fisika pada Pembelajaran Topik Optika pada Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Exacta, X(2): 111-114.

Wenno, I.H. 2010. Pengembangan Model Modul IPA Berbasis Problem Solving Method Berdasarkan Karakteristik Siswa dalam Pembelajaran di SMP/MTs. Cakrawala Pendidikan, XXIX(2): 176-188.

Widoyoko, Eko Putro. 2010. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zaharah, Isti. 2012. Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan 1-20 Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Video Compact Disk (VCD) Pada Anak Tunarungu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1 (2) : 202-

Section
Articles