Abstract

Science comic merupakan media pembelajaran yang efektif untuk menyampaikan IPA secara sederhana dan mudah. Namun, media science comic dalam pembelajaran IPA di SMP masih jarang digunakan. Pengembangan science comic sebagai media pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami materi IPA secara mudah dengan tampilan yang menghibur. Selain itu, penelitian ini mendukung pelaksanaan kurikulum 2013 dengan mengembangkan media science comic berbasis PBL pada tema bunyi dan pendengaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kelayakan dan keefektifan media science comic berbasis PBL pada tema bunyi dan pendengaran. Jenis penelitian ini merupakan R and D (Research and Development) yang diadaptasi dari Sugiyono (2008). Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP N 1 Welahan. Kelayakan media science comic diuji melalui penilaian pakar media, materi, dan bahasa. Hasil penilaian pakar terhadap science comic berbasis PBL memperoleh kriteria sangat layak dengan persentase penilaian pakar media sebesar 95,83%, pakar materi sebesar 95,37%, dan pakar bahasa sebesar 99,07%. Keefektifan media science comic berbasis PBL dianalisis dari hasil Pretest dan Posttest dengan menggunakan uji N-gain dan t test. Hasil belajar siswa meningkat dengan kategori sedang dengan nilai N-gain sebesar 0,62. Selain itu, kemampuan berpikir siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan berdasarkan perhitungan t test dengan nilai thitung> ttabel (22,4>1,68). Dengan demikian, media science comic memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran yang layak dan media science comic juga efektif meningkatkan hasil belajar serta kemampuan berpikir kritis siswa.

 

Science comic is an effective learning media to communicate science simply and easily. However, Science comic as a learning media is rarely used in science education for Junior high school. Development science comic as learning media can help student to understand science material easily in visual entertaining way. In addition, this research gives countenance to curriculum 2013 with development science comic based PBL on sound and hearing. This research type is R and D (Research and Development) by research design adapted from Sugiyono (2008). This research has been done in Junior High School of Welahan on 8th grade. The feasibility of science comic based PBL evaluated by science medium expert, material expert, and language expert. The validation result shows that science comic has very feasible as a learning media by score percentage from medium expert at 95.83%, material expert at 95.37%, and language expert at 99.07%.  Science comic based PBL effectiveness is analyzed from Pretest and posttest score by N-gain and t test analysis. Student’s learning outcome increases in average category which showed from N-gain score at 0.62. In addition, student’s critical thinking skill increases significanly by score of tscore > ttabel (22.4>1.68). Thereby, science comic based PBL have not only feasible value as learning media but also effective value in learning process. It increases student’s learning outcomes and student’s critical thinking skill.

Â