PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF DAN PEMECAHAN MASALAH PADA KONSEP GELOMBANG UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS

- Sarwi(1), - Liliasari(2),


(1) Jl. Sampangan Baru A-12A Semarang Telp: (024) 8316504 HP: 08122929255
(2) 

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menumbuhkembangkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada konsep gelombang, melalui
penerapan strategi pembelajaran kooperatif dan pemecahan masalah berkolaborasi. Model kuasi eksperimen dengan disain
pretest-posttest control group digunakan dalam penelitian ini. Tes obyektif dilengkapi alasan digunakan dalam pengumpulan data.
Hasil penelitian yaitu penumbuhkembangan keterampilan berpikir kritis indikator memberi penjelasan sederhana dan membangun
keterampilan dasar diperoleh skor 66,3 dan 64,4; sedangkan indikator menyimpulkan dan memberi penjelasan lanjut dicapai skor
54,7 dan 23,7 (skala 100). N-gain kelompok eksperimen 54 dan kontrol 42; sedangkan skor penguasaan konsep gelombang kedua
kelompok itu sebesar 62,6 dan 52,5 (skala 100). Uji t dengan sampel paasangan bebas diperoleh t hitung (3,92) > t tabel (1,98),
untuk sampel 131, taraf signifikansi uji = 0,05 dan derajat kebebasan (dk = nt-2) = 129. Hasil penelitian disimpulkan bahwa 1)
keterampilan berfikir kritis mahasiswa dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif dan pemecahan masalah
berkolaborasi, dan 2) penguasaan konsep gelombang kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol.

 

The aim of the study was to foster critical thinking skill of university students on wave concepts, through implementation of
cooperative learning strategies and problem solving with collaboration. Experimental quasi model with pretest-posttest control
group design was used in the study. Objective tests followed with reasons were used collecting the data collection. The results show
development of indicator for critical thinking skills provide a simple explanation and build basic skill showing score of 66.3 and 64.4;
while indicator of concluding and giving further explanation showed score of 54.7 and 23.7 (scale of 100). N-gain experimental
group of 54 and control of 42; while mastering the concept of a second wave scored 62.6 and 52.5 (scale of 100). Sample t test with
a lone pair and the degrees of freedom (df = NT2) 129. Inconclusion results show that 1 students' critical thinking skills can be
enhanced through cooperative and problem-solving learning collaboration, and 2) mastering the concept of wave over
experimental group is better than in control group.

Keywords: critical thinking; cooperative; problem solving; wave concept

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License