PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE PADA POKOK BAHASAN ALAT- ALAT OPTIK DI SMP

D. D. Kristianingsih(1), S. E. Sukiswo(2), S. Khanafiyah(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan menerapkan model inkuiri dengan metodepictorial riddle pada pokok bahasan alat-alat optik di SMP sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan bagaimanapeningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan alat-alat optik di SMP setelah menggunakan model pembelajaran inkuiridengan metode pictorial riddle. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian berupahasil belajar kognitif diperoleh dari test, hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar observasi. Hasil analisis statistikdengan menggunakan uji g terhadap data hasil belajar siswa dari siklus I, siklus II dan siklus III menunjukkan adanya peningkatan.Peningkatan dapat dilihat dari ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswa siklus I sebesar 61,92%, kemudian meningkatmenjadi 88,10% pada siklus II dan 97,62% pada siklus III. Ketuntasan hasil belajar afektif siswa siklus I sebesar 76,19%, kemudianmeningkat menjadi 90,48% pada siklus II dan 92,86% pada siklus III. Ketuntasan hasil belajar psikomotorik siswa siklus I sebesar57,14%, kemudian meningkat menjadi 80,95% pada siklus II dan 90,48% pada siklus III. Dari hasil analisis tersebut dapatdisimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dengan metode dapat meningkatkan hasil belajar siswa.pictorial riddle

 

This research are aimed to study how the learning process employing inquiry model with riddle pictorial method on opticalinstrument topic in JHS can improve students' achievement and to improve students' achievement after having the model oflearning. The research used classroom action research. The data of cognitive learning achievement improvement was gathered byusing test, while the affective and psychomotor one was derived from observation sheet. The result of statistical analysis shows thatthere is an improvement of learning achievement from cycle I, II and III. The result of classical learning mastery of cognitive aspectin the first cycle is 61.92%, in the second cycle is 88.10% and in the last cycle is 97.62%. The classical learning mastery of affectiveaspect in the first cycle is 76.19%, in the second cycle is 90.48% and in the last cycle is 92.86%. In addition, the classical learningmastery of psychomotor aspect in the first cycle is 57.14%, in the second cycle is 80.95% and in the last cycle is 90.48%. Based onthe above result, it can be concluded that inquiry model with riddle pictorial method can improve students' achievement.

Keywords: Learning achievement; inquiry learning model; riddle pictorial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License