Pengembangan Instrumen Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial

Hapizah Hapizah

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan tahapan terdiri dari studi pendahuluan, pengembangan produk, dan uji coba. Produk yang dikembangkan adalah instrumen kemampuan penalaran matematis pada mata kuliah Persamaan Diferensial yang terdiri dari enam soal uraian. Hasil penelitian menyatakan bahwa instrumen yang dikembangkan dinyatakan valid dan dapat dipakai untuk mengukur kemampuan penalaran matematis mahasiswa.

 

Kata kunci:       kemampuan penalaran matematis.

 

 

Abstract

This research is the development, the stage consists of preliminary studies, product development, and testing. The product developed is an instrument of mathematical reasoning abilities in Differential Equations course consisting of six questions description. The results stated that instruments developed is valid and can be used to measure student mathematical reasoning ability.

 

Keywords:          mathematical reasoning abilities.

Full Text:

PDF

References

Armiati. 2011. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kecer-dasan Emosional Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi (Tidak dipublikasikan)

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Irwan. 2011. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Disertasi (tidak dipublikasikan)

Kemendiknas. 2012. Undang-Undang No-mor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Kurbaita, G.; Zulkardi; Siroj, R.A. 2013 Pengembangan Buku Ajar Matematika Tematik Integratif Materi Pengukuran Berat Benda untuk Kelas I SD, artikel dalam Jurnal Kreano, Vol. 4(1), edisi Juni, pp. 1-10.

Permana Y. & Sumarmo U. 2007. Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah, artikel dalam EDU-CATIONIST, Vol. I(2), edisi Juli.

Rizta, A. dan Hartono, Y. 2013. Pengembangan Soal Penalaran Model TIMSS Matematika SMP, artikel dalam Jurnal Kreano, Vol. 4(1), edisi Juni, pp. 80-87.

Sagala S. 201). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pengajaran Matematika. UPI : Bandung

Sukmadinata, dkk. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Rosda Karya: Bandung

Sumarmo, U. 2011. Handout Mata Kuliah Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. UPI: Bandung. (tidak dipublikasikan).

Sumarmo, U. 2012. Pengembangan Program Pendidikan Matematika. Handout (Tidak Dipublikasikan).

Suryadi. 2012. Membangun Budaya Baru dalam Berpikir Matematika. Bandung: Rizqi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.