IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN METAKOGNISI SISWA SMA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan metakognisi siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan melalui pembelajaran berbasis masalah dan mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling menghasilkan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4. Pada kelas eksperimen digunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan power point dan LKS PBL, dan kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional dengan bantuan power point. Pengukuran peningkatan metakognisi siswa digunakan instrumen tes dan non tes. Pada hasil uji perbedaan dua rata-rata diperoleh thitung (4,406) lebih dari tÂtabel (2,001) yang berarti rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol. Kriteria peningkatan dapat diketahui dengan uji N-gain, diperoleh peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan indikator metakognisi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sedang dengan nilai masing-masing 0,67 dan 0,55. Hasil angket menunjukkan 87,10% siswa pada kelas eksperimen memiliki tingkat metakognisi yang sudah berkembang baik, dan kelas kontrol hanya 70%. Simpulan dari hasil penelitian penerapan model pembelajaran berbasis masalah adalah terjadi peningkatan metakognisi dan mendapat tanggapan positif dari siswa.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Danial, Muhammad. 2010. Menumbuhkembangkan Kesadaran dan Keterampilan Metakognisi Mahasiswa Jurusan Biologi Melalui Penerapan Strategi PBL dan Kooperatif GI. Jurnal Penelitian. Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar.
Dawson, Theo L. 2008. Metacognition and Learning In Adulthood. Developmental Testing Service, LLC.
Downing, Kevin. 2010. Problem-based learning and metacognition. Asian Journal on Education and Learning, 1 (2): 75-96.
Haryani, Sri. 2012. Pembekalan Kemampuan Metakognisi Calon Guru Melalui Implementasi Praktikum Open-Endeed Pada Materi Spektrometri. Proceeding Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2012 edisi 1. Semarang: FMIPA UNNES.
Huang, K. & Wang, T. 2012. Applying problem-based learning (pbl) in university english translation classes. The Journal of International Management Studies. 7(2): 3-4.
Jacob, J. & Cherian, J. 2012. A study of problem based learning approach for undergraduate students. Asian Social Science Journal. 8 (15): 157-164.
Marouw, Zusje W.M. 2010. Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Metakognitif (RTM) yang Memberdayakan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan. 17(2): 158-167
Meltzer, David E. 2002. The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable†in diagnostic pretest scores. American Journal Physics. 70 (12): 1259-1268.
Nietfeld, J.L., & Shraw, G. 2002. The effect of knowledge and strategy explanation on monitoring accuracy. Journal of Educational Research. 95: 131-142
Nugrahaningsih, Theresia K. 2011. Using Metacognition In Learning Mathematics Toward Character Building. Proceeding Seminar Internasional dan Konferensi ke-4 Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Purwaningsih, Heni. 2011. Pengaruh Penggunaan Peta Konsep Pada Model Problem Based Learning terhadap Metakognisi Siswa. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Santrock, John W. 2011. Psikologi Pendidikan Educational Psychology Buku 2 Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.
Sugiarto, Bambang dan Eka Nuryana. 2012. Hubungan Keterampilan Metakognisi Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (REDOKS) Kelas X-1 SMA Negeri 3 Sidoarjo. Unesa Journal of Chemical Education. 1(1): 83-75.
Wonorahardjo, Surjani. 2011. Dasar-dasar Sains Menciptakan Masyarakat Sadar Sains. Jakarta: PT Indeks.