PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERCAPAIAN KOMPETENSI SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Agnes Ikawati
Mahmud Hilmia
Sri Nurhayati
Antonius Tri Widodo

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di XI MIA 4 SMA 1 Kudus untuk meningkatkan aktivitas dan ketercapaian kompetensi siswa. Permasalahan yang ada adalah aktivitas dan kompetensi siswa yang rendah. Metode yang dilakukan yaitu, Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi selama 2 siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah aktivitas dan ketercapaian kompetensi siswa mencapai 85% siswa tuntas. Kehadiran siswa dalam penelitian ini diharapkan minimum 90% siswa hadir. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah aktivitas siswa pada siklus I  73, 53% dengan rata-rata 81,18 meningkat menjadi 100% siswa tuntas dengan rata-rata 87,79. Penilaian kognitif pada siklus I mencapai 76,47% dengan rata-rata  81,86 meningkat pada siklus II menjadi 88,24% siswa tuntas dengan rata-rata 83,73. Hasil penilaian afektif pada siklus I 70,59% siswa tuntas dengan rata-rata 81,07 meningkat menjadi 88,24% dengan rata-rata 84,53. Hasil penilaian psikomotorik siswa pada siklus I 64,71% dengan rata-rata 77,73 meningkat di siklus II menjadi 91,18 % dengan rata-rata 85,0. Kehadiran siswa pada siklus I dan II mencapai 100%. Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan ketercapaian kompetensi siswa sehingga mencapai indikator keberhasilan pada siklus II.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Arends, R., 2012. Learning to Teach. Library of Congress Cataloging: Publication Data.
Arikunto, S., 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S., 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Barrows, H., 1996. Problem-based Learning in Medicine and Beyond:A Brief Overview. Directions for Teaching and Learning, 68: 3-11.
Benawa, A., 2010. Peran Media Komunikasi dalam Pembentukan Karakter Intelektual di Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1): 38-44.
Carroll, K.et al., 2009. Problem-based Learning, Pedagogy & Practice. In Proceedings of the Second International Symposium on Problem Solving. Singapore
Chin, C. & Chia, L., 2004. Problem-based Learning: Using Students' Questions to Drive Knowledge Construction. Sci. Educ., 88(5): 707-27.
Etherington, M.B., 2011. Investigate Primary Science: A Problem-based Learning Approach. Australian Journal of Teacher Education, 36(9).
Hamalik, O., 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Komariah, K., 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah bagi Siswa Kelas IX J di SMP N 3 Cimahi. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA. Yogyakarta
Mulyasa, 2004. KBK:Konsep, Karakteristik, Implementasi. Bandung: PT. Rosdakarya.
Rifa'i, A. & Anni, C.T., 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Rusmiyanto, 2012. Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Jetis Kabupaten Mojokerto. Surabaya: Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
Sanjaya, W., 2006. Strategi Pembelajaran Perorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman, A.M., 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Selcuk, G.S., 2010. The Effects of Problem-based Learning on Pre-service Teachers' Achievement, Approaches and Attitudes Towards Learning Physics. International Journal of the Physical Sciences, 5(6): 711-23.
Sukanti, 2008. Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia, 6(1): 1-11.
Wahyuni, S. & Widiarti, N., 2010. Penerapan Pmebelajaran Berbasis Masalah Berorientasi Chemo-entrepreneurship pada Praktikum Kimia Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1): 484-96.
Widayati, A., 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia, 6(1): 87-93.
Widodo, A.T., 2012. Evaluasi Pembelajaran Kimia. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Wulandari, B., 2013. Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2): 178-91.
Yelland, N., Cope & Kalantzis, 2008. Learning by Design: Creating Pedagogical Frameworks for Knowledge Building in the Twenty-first Century. Asia Pasific Journal of Teacher Education, 36(3): 197-213.
Yuniar, T.E. & Widodo, A.T., 2014. Problem Based Learning Berpendekatan Seven Jumps untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Chemistry in Education, 4(1): 1-7.