PENGEMBANGAN FLASH FLIP BOOK BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sari Nuryani
Kasmadi Imam Supardi
Sudarmin Sudarmin

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan media flash flip book berbasis guided discovery yang layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kimia siswa SMA. Metode penelitian menggunakan three-D model yang meliputi pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA di SMA Islam Sudirman Ambarawa. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Data penelitian dianalisis secara deskriptif persentase. Penilaian tingkat kelayakan media didasarkan pada penilaian Badan Standar Nasional Pendidikan yang telah disesuaikan. Uji efektifitas mengunakan gain ternormalisasi serta persentase ketuntasan belajar klasikal. Instrumen penelitian menggunakan soal-soal yang mengandung indikator pemecahan masalah. Hasil uji kelayakan media yang meliputi aspek kelayakan isi, penyajian, kegrafikan dan bahasa berturut-turut adalah 95,31%; 94,08%; 94,79% dan 93,79% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji gain ternormalisasi dan persentase ketuntasan belajar klasikal menunjukkan kriteria sedang dan tuntas dengan nilai 0,66 dan 96,67%. Tanggapan siswa dan guru sangat baik dengan persentase mencapai 96,75 % dan 95%. Hasil penelitian ini menunjukkan media flash flip book berbasis guided discovery yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kimia siswa SMA.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Agommuoh, P.C. & Ifeanaco, A.O., 2013. Secondary School Students' Assessment of Innovative Teaching Strategies in Enhancing Achievement in Physics and Mathematics. ARPN Journal of Science and Technology, 3(1). 200-06.
Anggraini, N.Y., 2014. Pembelajaran Problem Solving Tipe Woolnough dan Allsop pada siswa SMA dalam Konteks Pencegahan Korosi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Anyafulude, J.C., 2013. Effect of Prolem-Based and Discovery-Based Instructional on Students' Academic Achievement in Chemistry. ARPN Journal of Science and Technology, 3(6). 151-56.
Balim, A.G., 2009. The Effects of Discovery Learning on Students' Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research, (35). 1-20.
Chukwabikem, E.I., 2013. Developing Better Teacher Evaluation. ARPN Journal of Science and Technology, 3. 158-68.
De Jong, T. & Wuter, R.V.J., 1998. Scientific Discovery Learning with Computer Simulations of Conceptual Domains. Review of Educational Research, 68(2). 179-201.
Gertner, R.T., 2011. The Effects of Multimedia Technology on Learning. Abilene: Abilene Christian University.
Izzaty, R.E., 2011. Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini: Sudut Pandang Psikologi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Mulyasa, E., 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oloyede, O.I., 2010. Comparative Effect of The Guided Discovery and Concept Mapping Teaching Strategies on Sss Students' Chemistry Achievement. Humanity and Social Science Journal, 10(1). 1-6.
Ramdania, D.R., Heri, S. & Waslaludin, 2010. Pengguanaan Media Flash Flip Book dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sarwiko, D., 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director Mx (Studi Kasus Mata Kuliah Pengolahan Citra pada Jurusan S1 Sistem Informasi. Depok: Universitas Gunadarma.
Sudarmin, 2007. Keterampilan Generik: Konsep Dasar dan Cara Menumbuhkannya Melalui Perkuliahan Kimia Organik. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 1(1). 45-53.
Sulistyowati, N., Antonius, T.W. & Woro, S., 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Chemistry in Education, 2(1). 49-54.
Vuryanti, D., 2012. Pengambangan Media Interaktif Permainan Kartu Berjenjang untuk Pembelajaran Membaca Aksara Jawa Siswa Kelas VIII SMP. Malang: Universitas Negeri Malang.
Widodo, 2012. Pengembangan Kurikulum Sekolah Unggulan. Jurnal Pendidikan Penabur, 19(11). 38-51.
Zang, D., 2005. Interactive Multimedia Based E-learning: A Study of Effectiveness. The American Journal of Distance Education, 19(3). 149-62.