PENDEKATAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rudi Setiawan
Sdarmin Sudarmin
Thahyo Subroto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa,keefektifan, kreativitas dan respon siswa dengan pendekatan Quantum Teachingberbantuan CET (Chemo-Edutainment). Seluruh siswa kelas XI-IPA SMA N 1Karanganom yang terdiri atas 4 kelas sebagai populasi dalam penelitian inidengan sampel yang terpilih secara acak kelas XI-IPA 4 sebagai kelaseksperimen menggunakan metode problem solving bermedia virtual lab, dankelas XI-IPA 3 sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah danpraktikum. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, angket dan dokumentasi.Analisis data dibagi dalam tiga tahap yaitu tahap analisis data populasi, analisistahap awal yang merupakan tahap pemadanan sampel dan tahap akhir yangmerupakan tahap analisis data untuk menguji hipotesis penelitian. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran mampumeningkatkan hasil belajar siswa, keefektifan pembelajaran, meningkatkankreativitas siswa, serta siswa memberikan respon baik terhadap pendekatanQuantum Teaching berbantuan media CET. Pendekatan Quantum Teachingberbantuan media CET sesuai untuk materi kelarutan dan hasil kali kelarutandan dapat diterapkan untuk materi lain.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

DePorter, B. 2000. Quantum teaching. Bandung:Kaifa.

Hartati, S. & Nazief B. 1997. UI mengantisipasi pendidikan masa depan. Makalah dalam Seminar Nasional Pemanfaatan Jaringan
Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Supartono. 2006. Peningkatan kreativitas peserta didik melalui pembelajaran kimia dengan pendekatan chemo-enterpreneurship (CEP). Semarang: Jurusan Kimia FMIPA Unnes