Persepsi Peserta Didik Terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Kimia Semester Ganjil Kelas X SMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sandy Yudha
Nurfajriani Nurfajriani
Ramlan Silaban

Abstract

Pendidikan di era sekarang telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap sektor kehidupan. Untuk menghindari bertambahnya kasus, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah membuat kebijakan tentang proses belajar mengajar yang dilakukan secara Blended Learning. Dalam melaksanakan pembelajaran tersebut, diperlukan media pembelajaran yang tepat, agar pembelajaran tetap dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi peserta didik terhadap multimedia interaktif berbasis android kelas X SMA. Jenis penelitian adalah deskripsi kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Binjai Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 sebanyak 34 orang. Data dikumpulkan dengan instrumen angket menggunakan skala likert. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket persepsi peserta didik serta data dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rerata dari 10 pertanyaan di lembar angket peserta didik 88% termasuk kriteria sangat baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Sandy Yudha, Universitas Negeri Medan

Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Nurfajriani Nurfajriani, Universitas Negeri Medan

Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Ramlan Silaban, Universitas Negeri Medan

Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Medan