KEEFEKTIFAN MODEL TGT DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI LINGKARAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Singgih Baswendro
Amin Suyitno
Muhammad Kharis

Abstract

Artikel ini dibuat berdasarkan penelitian skripsi yang telah dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada materi lingkaran dengan menggunakan model TGT mencapai KKM, dan (2) untuk mengetahui rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model TGT lebih tinggi daripada dengan model ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Ungaran dengan populasi siswa kelas VIII tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan kelas sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, data hasil akhir diuji dengan uji proporsi dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa (1) hasil kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada materi lingkaran dengan menggunakan model TGT mencapai KKM, dan (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model TGT lebih tinggi daripada dengan model ekspositori. Dengan ini maka model TGT dengan pendekatan scientific berbantuan CD pembelajaran efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Singgih Baswendro, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Education Study Program

Amin Suyitno, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Education Study Program

Muhammad Kharis, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Study Program
How to Cite
Baswendro, S., Suyitno, A., & Kharis, M. (2015). KEEFEKTIFAN MODEL TGT DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI LINGKARAN. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i3.9043

References

Anni, C.T. & Rifa’I, A. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Asikin, M. & Pujiadi. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan CD Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal MIPA, 37(1): 37-45.
BSNP. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
BSNP. 2008. Kriteria Dan Indikator Keberhasilan Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Amerika: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Septiana, Meli. 2012. Keefektifan Model TGT Berbantuan CD Pembelajaran Rekreatif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2): 15 – 21.
Sinambela, P. NJM. 2008. Faktor-faktor penentu keefektifan pembelajaran dalam model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Instruction). GENERASI KAMPUS, 1(2): 78.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Trianto. 2007. Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Xie, X. 2004. The Cultivation of Problem-solving and Reason in NCTM and Chinese National Standards. International Journal for Mathematics Teaching and Learning. School of Education Nanjing Normal University. ISSN 1473 – 0111.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>