KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TPS BERBANTUAN MOUSE MISCHIEF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Krida Singgih Kuncoro
Amin Suyitno
Amin Suyitno
Endang Sugiharti
Endang Sugiharti

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Mouse Mischief terhadap hasil belajar siswa kelas X materi fungsi kuadrat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Temanggung tahun pelajaran 2012/2013. Pemilihan sampel dengan cara random sampling, diperoleh siswa X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan pembelajaran TPS Berbantuan Mouse Mischief, sedangkan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran ekspositori. Pengambilan data diperoleh dengan metode dokumentasi untuk mendapatkan data nilai mid semester matematika dan metode tes untuk menentukan hasil belajar siswa yang kemudian dianalisis dengan uji ketuntasan dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian adalah (1) hasil belajar siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar, baik ketuntasan individual maupun ketuntasan klasikal; dan (2) rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Krida Singgih Kuncoro, Semarang State University

Mathematics departement

Amin Suyitno, Semarang State University

Mathematics departement

Amin Suyitno, Semarang State University

Mathematics departement

Endang Sugiharti, Semarang State University

Mathematics departement

Endang Sugiharti, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Kuncoro, K., Suyitno, A., Suyitno, A., Sugiharti, E., & Sugiharti, E. (2013). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TPS BERBANTUAN MOUSE MISCHIEF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i2.3333

References

Depdiknas. 2008. Kriteria dan Indikator Keberhasilan Pembelajaran. Tersedia di http://id.scribd.com/doc/101481978/21-Kode-04-b1-Kriteria-Dan-Indikator-Keberhasilan-Pembelajaran (diakses 23-05-2012).

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Holzer, S. M., & R.H. Andruet. 2000. Active Learning in the Classroom1. Jurnal Virginia Polytechnic Institute and State University [email protected].

Moraveji, N., Inkpen, K., Cutrell, Ed., & Balakrishnan, R. (2009). A Mischief of Mice: Examining Children’s Performance in Single Display Groupware Systems with 1 to 32 Mice. Journal ACM CHI Conference, USA.

Purwanto. 2011. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slavin. 2005. Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. New Jersey: Prentice Hall.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugandi, A. 2007. Teori Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Yuretich, R. F., Khan, S. A., Leckie, R. M., Clement, J. J., (2001). Active-Learning Methods to Improve Student Performance and Scientific Interest in a Large Introductoty Oceanography Course. Journal of Geoscience Education, v.49, n.2, March, 2001, p. 111-119.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>