Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis: Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran bagi penyandang autisme pada mata pelajaran TIK kelas IV di SDLB Talitakum Semarang. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan studidokumentasi terhadap implementasi model pembelajaran. Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahawa (1) Dalam perencanaan proses pembelajaran guru menggunakan kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan kemampuan penyandang autisme. Pendekatan yang digunakan yaitu saintifk yang telah dimodifkasi, menggunakan model Happy Class, metode pembelajaran khusus yaitu Discrete Trial Training (DTT) dalam proses pembelajaran, dan metode komunikasi khusus Metode Maternal Reflektif (MMR). (2) Pelaksanaan Model HC, Metode DTT, dan MMR dalam satu kelas terdiri dari 5 siswa dan 2 guru terbukti efektif dan membuat kelas kondusif. (3) Evaluasi pembelajaran menggunakan evaluasi Educational System Evaluation yang menekankan bahwa evaluasi dilakukan dalam setiap tahap dan proses pembelajaran setiap harinya melalui Buku Penghubung.
The purpose of this study is to describe and analyze: how the planning, implementation and evaluation of learning for autis person on subject Technology Information and Communication grade IV in SDLB Talitakum Semarang are. The method used is descriptive qualitative. The techniques of collecting data are interview, observation, and documentation on the implementation of the learning model. The analysis of the fndings can be concluded as follow: 1) In the planning of learning process teacher uses curriculum 2013 adapted to autistic person’s ability. The approach used is scientifc approach which has been modifed using Happy Class model, specifc learning method named Discrete Trial Training (DTT), and specifc communication method named Method of Maternal Reflective (MMR).2) The implementation of HC model, DTT method, and MMR in one class consists of 5 students and 2 teachers are proved to be effective and make the class conducive for learning. (3) The evaluation of the learning used is Educational System Evaluation which emphasizes that evaluation in each phase and process is performed daily using Liaison Book.