Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan kesesuaian implementasi kurikulum pendidikan inklusi di MI Ma’arif Keji Ungaran Barat dilihat dari aspek konteks, aspek masukan, aspek, proses, dan aspek produk. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP yang terdiri dari aspek context, input, process, dan product. Subyek penelitian ini adalah kurikulum pendidikan inklusi MI Ma’arif Keji. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kesesuaian implementasi kurikulum pendidikan inklusi termasuk dalam kategori sangat sesuai dengan nilai pencapaian sebesar 41.8 (77.4%). Hasil per aspek sebagai berikut: (1) aspek konteks sangat sesuai dengan nilai pencapaian sebesar 48.0 (88.9%); (2) aspek masukan sangat sesuai dengan nilai pencapaian sebesar 42.2 (78.1%); aspek proses sangat sesuai dengan nilai pencapaian sebesar 43.1 (79.8%); dan (4) aspek produk sesuai dengan nilai pencapaian sebesar 33.8 (62.6%).
The purpose of this study was to identify, analyze and describe the suitability curriculum implementation of education of inclusion in MI Ma'Arif Keji Ungaran Barat seen from the aspect of context, input, process, and of the product. This study used the CIPP evaluation model consisting of aspects of context, input, process, and product. The subject of this study is the educational curriculum of inclusion MI Maarif Keji. The Methods of collecting data using questionnaires, interviews, observation, and documentation. The results showed that the overall suitability of inclusion education curriculum implementation included in the category of highly value the achievement of 41.8 (77.4%). Results by the aspects as follows: (1) aspect of context is in accordance with the value achievement of 48.0 (88.9%); (2) aspects of the input is in accordance with the value achievement of 42.2 (78.1%); aspect of the process is in accordance with the value achievement of 43.1 (79.8%); and (4) aspects of the product in accordance with the value achievement of 33.8 (62.6%).