Pendampingan Guru SMK dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Pengecoran Logam Mentoring Vocational High School Teachers in Developing Metal Casting Learning Tools

Main Article Content

Widi Widayat
Angga Septiyanto
Sonika Maulana
Ramelan Ramelan
M. Burhan Rubai Wijaya
Muhammad Nur Fachry A
Wakhid Muhlisin Hidayat

Abstract

Keterbatasan sarana dan prasarana menyebabkan SMK tidak menjalankan pembelajaran untuk kompetensi dasar tertentu. Di beberapa SMK, kompetensi dasar pengecoran logam yang berada pada mata pelajaran PDTM (Pekerjaan Dasar Teknik Mesin), tidak diajarkan dengan alasan yang sama. Kegiatan ini bertujuan membantu mitra mempersiapkan perangkat pembelajaran pengecoran logam. Melalui diskusi mitra diajak membahas dan mempersiapkan perangkat pembelajaran. Diskusi didasari oleh data baik berupa dokumen maupun kondisi riil yang ada di sekolah. Mitra telah berhasil memilih kompetensi yang akan dilaksanakan pembelajarannya. Mitra mempraktekkan menentukan strategi pembelajaran berdasarkan data-data yang ada. Mitra juga memiliki keyakinan akan dapat terlaksananya pembelajaran praktek pengecoran bila kondisi telah normal atau pertemuan tatap muka sudah diperbolehkan.

Article Details

How to Cite
Widayat, Widi, Angga Septiyanto, Sonika Maulana, Ramelan Ramelan, M. Burhan Rubai Wijaya, Muhammad Nur Fachry A, and Wakhid Muhlisin Hidayat. 2021. “Pendampingan Guru SMK Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Pengecoran Logam”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 3 (2), 54-60. https://doi.org/10.15294/panjar.v3i2.52980.
Section
Articles

References

Beeley, Peter, 2001, Foundry Technology, Butterworth Heinemann, Oxford.

Elliott, Stephen N. 2000. Educational Psychology: Effective Theaching, Effective Learning. USA: The Mc. Graw-Hill Companies,Inc.

Gaspari, J., 1999, Making the Most of Aluminum Scrap. The American Society of Mechanical Engineers, New York.

Gunawan, I. 2016. Pasaran: Menggali Nilai-nilai Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Sifat-sifat Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Studi Sosial, 8(1), 55-64

Lampiran Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 330/D.D5/Kep/Kr/2017 Tanggal : 09 Juni 2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3)

Nieveen, T.P. (November 23-26, 2007). An Introduction to Educational Design Research. Proceeding of the Seminar concudted at the East China Normal University(pp. 1 –126). Shanghai (PR China): SLO. Netherlands Institute for Curriculum Development

Surdia, Tata dan Chijiiwa Kenji, 1991, Teknik Pengecoran Logam, PT Pradnya Paramita, Jakarta.

Usman, Muhammad Uzer. 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. PT. Rosda Karya, Bandung

Kharis, Muhammad, Masrukan Masrukan, Arief Agoestanto, Mulyono Mulyono, and Mashuri Mashuri. 2021. “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran Higher Order Thinking Skill Pada Jenjang Sekolah Dasar”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 3 (1), 14-19. https://doi.org/10.15294/panjar.v3i1.52952.

Purnomo, Arif. 2019. “Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS Berorientasi Pada Perpres Nomor 87 Tahun 2017 Pada Forum Guru Ambarawa”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 1 (2), 156-59. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i2.29726.