PENGUATAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA MAHASISWA GUGUS LATIH ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2020-2021

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Kustiyani Ani
Puji Lestari

Abstract

Students are expected to be able to develop social skills as a provision for the next world of work. Students can develop social skills through campus organizations. The Social Sciences Training Group is an organization that is developing in the field of scouting education at the Faculty of Social Sciences level. The research method used is qualitative. The results showed (1) Strengthening social skills in the Social Sciences Training Group students could be improved through the implementation of the vision, mission, and organizational structure as well as the implementation of work programs and coaching patterns in the Social Sciences Training Group (2) Social skills that grew in the Social Sciences Training Group, namely competence religious, organizational, social, and personality. Activities to develop social skills are carried out by increasing the tri Bina. Strengthening social skills in students must be supported by the activeness and potential development of members in the Social Sciences Training Group.


Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan sosial sebagai bekal untuk dunia kerja selanjutnya. Gugus Latih Ilmu Sosial merupakan organisasi yang di bidang pendidikan kepramukaan yang ada di tingkat Fakultas Ilmu Sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1)Penguatan keterampilan sosial pada mahasiswa Gugus Latih Ilmu Sosial dapat ditingkatkan melalui penerapan visi misi, struktur organisasi, pelaksanaan program kerja dan pola pembinaan di Gugus Latih Ilmu Sosial (2)Keterampilan sosial yang tumbuh di Gugus Latih Ilmu Sosial yaitu kompetensi religius, keorganisasian, sosial, dan kepribadian. Kegiatan mengembangkan keterampilan sosial dilakukan dengan meningkatkan tri bina. Penguatan keterampilan sosial pada mahasiswa harus didukung dengan keaktifan dan pengembangan potensi anggota di Gugus Latih Ilmu Sosial.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ani, K., & Lestari, P. (2022). PENGUATAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA MAHASISWA GUGUS LATIH ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2020-2021. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 4(2), 72-80. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v4i2.53958

References

Izzati, N. (2014). Pengaruh Keterampilan Sosial Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Edueksos, III(1), 87–100.
Keputusan Musyawarah Pramuka Anggota UKM Pramuka Ambalan dan Racana Wijaya-Tunggawijaya Tahun 2020 Nomor: 006/MUSPRAM/UKM/2020
Kurniati, E. (2011). Program Bimbingan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan.
Manalu, Mario P., dan B.F. Simamora. 2014. Gerakan Pramuka: Mempersiapkan Generasi Muda. Jakarta: Lestari Kiranatama
Nunzairina. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial Pada Mata Kuliah Psikologi Sosial Melalui Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mahasiswa BKI Semester V UIN Sumatera Utara Tahun Akademik 2017/2018. Journal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 7(1), 85–97.
Ulum, C. (2018). Keterampilan Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas V MI Muhammadiyah Selo Kulon Progo. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 111–135.
Wahyuti, S. M. (2015). Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Pemhaman Multikultural Dalam Bimbingan Konseling. Journal Profesi Pendidik, 2(1), 26–34.
Widyastuti, Diana T. 2011. Pelatihan Dasar Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada SDN 5 Bangsri Jepara). Skripsi. FIP: Universitas Negeri Semarang