KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Kharisma Ilyyana
Emi Pujiastuti
Wuryanto Wuryanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik yang dikenai model pembelajaran Investigasi Kelompok berbasis pendidikan karakter dapat mencapai ketuntasan belajar dan apakah hasil belajar peserta didik yang dikenai model pembelajaran Investigasi Kelompok berbasis pendidikan karakter lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang dikenai  model pembelajaran CTL berbasis pendidikan karkter. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Negeri Salatiga dengan teknik random sampling diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen II dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen I. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode tes, dan metode observasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian diketahui bahwa 97% peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Investigasi Kelompok berbasis pendidikan karakter mencapai ketuntasan belajar. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang dikenai model pembelajaran Investigasi Kelompok berbasis pendidikan karakter dengan hasil belajar peserta didik yang dikenai model pembelajaran CTL berbasis pendidikan karakter. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Investigasi Kelompok berbasis pendidikan karakter efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri Salatiga pada materi segiempat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Kharisma Ilyyana, Semarang State University

Mathematics departement

Emi Pujiastuti, Semarang State University

Mathematics departement

Wuryanto Wuryanto, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Ilyyana, K., Pujiastuti, E., & Wuryanto, W. (2013). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3324

References

Azwar, S. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Djamarah & Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka

Haviluddin. 2010. Active Learning Berbasis Teknologi Informasi ICT. Jurnal Informatika Mulawarman, 5(2): 28-31. Tersedia di http://informatikamulawarman.files.wordpress.com/2010/09/04-jurnal-informatika-mulawarman-sep2010.pdf. [diakses 25-4-2012]

Samuelsson, J. 2008. The Impact of Teaching Approach on Student`s Mathematical Proficiency in Sweden. International Electronic Journal of Mathematical Education, Vol 5, No. 2, hal 61-78

Setiawan. 2006. Model Pembelajaran Matematika degan Pendekatan Investigasi. Yogyakarta: PPPG Matematika

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabet

Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA

Suyitno, A. 2004. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: FMIPA UNNES

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher