KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORRAY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anjar Aditya Pramadita
Mashuri Mashuri
Riza Arifudin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Course Review Horray (CRH) pada materi pecahan terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Songgom. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Songgom tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran CRH dan kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen telah mencapai kriteria ketuntasan minimal, proporsi ketuntasan belajar kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih dari rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol, proporsi ketuntasan belajar kelas eksperimen lebih dari proporsi ketuntasan belajar kelas kontrol, minat belajar siswa pada kelompok eksperimen lebih baik daripada minat belajar siswa pada kelompok kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran CRH lebih efektif dari model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa SMP Negeri 1 Songgom pada materi pecahan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Anjar Aditya Pramadita, Semarang State University

Mathematics departement

Mashuri Mashuri, Semarang State University

Mathematics departement

Riza Arifudin, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Pramadita, A., Mashuri, M., & Arifudin, R. (2013). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORRAY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i2.3336

References

Anggraeni, D. 2011. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sekaran 01 Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar. No 2 Volume 1. Semarang:

Unnes.Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto, S. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Depdiknas. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rudyatmi, E. & Rusilowati, A. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bahan Ajar. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.