PERBEDAAN SELF EFFICACY SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI SMP NEGERI 1 BOYOLALI DITINJAU DARI KEIKUTSERTAAN BIMBINGAN BELAJAR

Authors

  • Risma Puji Astuti Author
  • Edi Purwanto Author

Keywords:

self efficacy, tutoring, students junior high school.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolali, yang kemudian terbagi menjadi dua kelompok yaitu mengikuti bimbingan belajar dan tidak mengikuti bimbingan belajar. Jumlah sampel yaitu sebanyak 100 siswa. Untuk memperoleh sampel yang representatif, maka kelompok siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar diambil sejumlah 50 siswa dengan teknik simple random sampling. Data penelitian diambil menggunakan skala self-efficacy yang terdiri dari 26 aitem. Skala self-efficacy mempunyai koefisien validitas aitem antara 0.315 sampai dengan 0.707 dan koefisien reliabilitas sebesar 0.924 Metode analisis data menggunakan teknik komparasi T-Test Two Independent Sample dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows diperoleh nilai t = 6,230 dengan nilai signifikansi 0,000 (p< 0,05), hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada self-efficacy siswa dalam menghadapi ujian nasional antara siswa yang mengikuti bimbinngan belajar dengan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Self-efficacy siswa dalam menghadapi ujian nasional yang mengikuti bimbingan belajar lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar.

Downloads

Article ID

9387

Published

2024-07-16

Issue

Section

Articles