Pengaruh motivasi belajar, efikasi diri, dan kecemasan Matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika
DOI:
https://doi.org/10.15294/22654p11Keywords:
matematika SD, motivasi belajar, efikasi diriAbstract
Berdasarkan data pra penelitian melalui wawancara, angket dan tes diketahui motivasi belajar rendah, efikasi diri rendah, siswa mengalami kecemasan matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi belajar, efikasi diri, dan kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi pada peneltian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Teuku Umar Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang yang berjumlah 188 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji coba instrumen dengan perhitungan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran. Uji prasyarat analisis dengan uji normalitas, linieritas, multikolonieritas, heterokedastisitas, dan autokorelasi. Teknik analisis data dengan analisis statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi sederhana, uji signifikansi dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar, efikasi diri dan kecemasan matematika secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,782 dalam kriteria kuat serta berkontribusi sebesar 61,1%. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh antara motivasi belajar, efikasi diri dan kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika
Downloads
Published
Article ID
12983Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Winanci Luhinar, Nursiwi Nugraheni (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.