Pengembangan media boneka tangan untuk meningkatkan keterampilan menceritakan kembali
DOI:
https://doi.org/10.15294/bb4asv58Keywords:
keterampilan berbicara, boneka tangan, menceritakan kembaliAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media boneka tangan untuk meningkatkan keterampilan menceritakan kembali siswa kelas II SDN Purwoyoso 04 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian perkembangan (R&D) berdasarkan teori Sugiyono yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian menjadi delapan tahan pelaksanaan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media boneka tangan; (2) menguji kelayakan media boneka tangan; dan (3) menguji keefektifan media boneka tangan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil sebagai berikut. Hasil uji kelayakan yang dilakukan validator materi mendapat rata-rata persentase 87,5% dengan kriteria sangat layak dan ahli media mendapat rata-rata persentase 96,67% dengan kriteria sangat layak. Uji keefektifan skala terbatas media boneka tangan pada siswa kelas II SDN Purwoyoso 04 menghasilkan rata-rata nilai sebelum (pretest) adalah 41 dan rata-rata nilai sesudah (posttest) adalah 78. Media boneka tangan efektif digunakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menceritakan kembali dilihat dari uji perbedaan rata-rata belajar dengan thitung sebesar 3,791 dan ttabel 2,021, maka Ho ditolak. Hasil uji N-gain sebelum dan sesudah pembelajaran diperoleh hasil sebesar 0,43 dengan kriteria sedang. Simpulan hasil penelitian ini yaitu media boneka tangan layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia materi menceritakan kembali.
Downloads
Published
Article ID
12986Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arief Herwanda, Nugraheti Sismulyasih (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.