Pengembangan media boneka tangan untuk meningkatkan keterampilan menceritakan kembali

Authors

  • Arief Herwanda Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Psikologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia Author
  • Nugraheti Sismulyasih Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Psikologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/bb4asv58

Keywords:

keterampilan berbicara, boneka tangan, menceritakan kembali

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media boneka tangan untuk meningkatkan keterampilan menceritakan kembali siswa kelas II SDN Purwoyoso 04 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian perkembangan (R&D) berdasarkan teori Sugiyono yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian menjadi delapan tahan pelaksanaan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media boneka tangan; (2) menguji kelayakan media boneka tangan; dan (3) menguji keefektifan media boneka tangan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil sebagai berikut. Hasil uji kelayakan yang dilakukan validator materi mendapat rata-rata persentase 87,5% dengan kriteria sangat layak dan ahli media mendapat rata-rata persentase 96,67% dengan kriteria sangat layak. Uji keefektifan skala terbatas media boneka tangan pada siswa kelas II SDN Purwoyoso 04 menghasilkan rata-rata nilai sebelum (pretest) adalah 41 dan rata-rata nilai sesudah (posttest) adalah 78. Media boneka tangan efektif digunakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menceritakan kembali dilihat dari uji perbedaan rata-rata belajar dengan thitung  sebesar 3,791 dan ttabel 2,021, maka Ho ditolak. Hasil uji N-gain sebelum dan sesudah pembelajaran diperoleh hasil sebesar 0,43 dengan kriteria sedang. Simpulan hasil penelitian ini yaitu media boneka tangan layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia materi menceritakan kembali. 

Downloads

Published

2024-08-29

Article ID

12986