Pengembangan media pop-up book untuk meningkatkan keterampilan menceritakan kembali siswa kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.15294/vhpghz26Keywords:
keterampilan berbicara, pop-up book, menceritakan kembaliAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media Pop-Up Book untuk meningkatkan keterampilan menceritakan kembali siswa kelas V SDN 1 Kedungbacin muatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah kuantitatif jenis research and development (R&D). Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan 21 siswa SDN 1 Kedungbacin. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji kelayakan dan uji keefektifan media. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan hasil 77,5% dan 95% dalam kriteria sangat layak. Hasil tanggapan guru dan siswa memperoleh hasil 93,3% dan 83,3% dalam kategori sangat layak. Hasil uji n-gain sebelum dan sesudah pembelajaran diperoleh hasil 0,40 dengan kriteria sedang, sehingga efektif digunakan untuk media pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah media Pop-Up Book dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
Downloads
Published
Article ID
12994Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Octavian Bayu Surya Haribansah, Sukardi Sukardi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.