Pengembangan media pop-up book untuk meningkatkan keterampilan menceritakan kembali siswa kelas V SD

Authors

  • Octavian Bayu Surya Haribansah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Psikologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia Author
  • Sukardi Sukardi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Psikologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/vhpghz26

Keywords:

keterampilan berbicara, pop-up book, menceritakan kembali

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media Pop-Up Book untuk meningkatkan keterampilan menceritakan kembali siswa kelas V SDN 1 Kedungbacin muatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah kuantitatif jenis research and development (R&D). Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan 21 siswa SDN 1 Kedungbacin. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji kelayakan dan uji keefektifan media. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan hasil 77,5% dan 95% dalam kriteria sangat layak. Hasil tanggapan guru dan siswa memperoleh hasil 93,3% dan 83,3% dalam kategori sangat layak. Hasil uji n-gain sebelum dan sesudah pembelajaran diperoleh hasil 0,40 dengan kriteria sedang, sehingga efektif digunakan untuk media pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah media Pop-Up Book dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia

Downloads

Published

2024-08-29

Article ID

12994