Upaya pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik melalui model pembelajaran behavioristik di kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.15294/akzdp376Keywords:
pendidikan karakter, disiplin, tanggung jawab, behavioristikAbstract
Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan peserta didik atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam hal ini, guru juga berperan penting dalam mencerdaskan peserta didik terutama mengajarkan peserta didik dengan karakter disiplin dan tanggung jawab. Berdasarkan hasil observasi awal yang didapatkan peneliti di kelas IV sekolah dasar negeri 7 panarung terlihat kedisiplinan dan tanggung jawab peserta didik masih kurang.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau biasa disebut dengan istilah (classroom action research). Hal ini karena penelitian tindakan kelas mampu menawarkan pendekatan dan prosedur yang mempunyai dampak langsung bentuk perbaikan dan peningkatan profesionalisme guru dalam mengelola proses pembelajaran di kelas. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi, melalui langkah-langkah sebagai berikut, Perencanaan (Planning), Pelaksanaan Tindakan (Action), Pengamatan (Obsevation) dan Refleksi (Reflection).
Berdasarkan hasil penelitian melalui model pembelajaran behavioristik menunjukkan hasil peningkatan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik. Pada karakter tanggung jawab di siklus 2 ini hanya 1 orang peserta didik yang tidak menyelesaikan tugas dan karakter disiplin hanya 1 orang peserta didik yang tidak rapi dalam berpakaian. Dari perubahan tersebut bisa dikategorikan baik dari sebelumnya dengan hasil peningkatan karakter yang inginkan.
Downloads
Article ID
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wahyu Nugroho, Roso Sugiyanto, Alpin Yanus (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.