Pengembangan media pop-up book pada materi Siklus Air untuk siswa kelas 4 SDN 1 Waung

Authors

  • Dyah Ayu Nawang Wulan Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Bhineka PGRI Tulungagung, Indonesia Author
  • Leny Suryaning Astutik Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Bhineka PGRI Tulungagung, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/k99kbf43

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Pop-Up Book

Abstract

Penggunaan media pembelajaran mempunyai manfaat yang cukup besar dalam konteks pendidikan, khususnya dalam penyampaian materi pembelajaran yang kompleks, seperti materi Siklus Air pada mata pelajaran IPAS. Pengembangan media pop-up book pada pembelajaran materi siklus air pada siswa kelas 4 SDN 1 Waung bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan minat siswa dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pop-up book pada materi siklus air untuk siswa kelas 4 SDN 1 Waung. Proses pengembangan dilakukan melalui tahapan perencanaan, desain, produksi, dan evaluasi dengan menggunakan model ADDIE. Hasil evaluasi dan validasi media pop up book menunjukkan tingkat validitas yang tinggi, memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman siswa, semangat belajar, dan minat belajar siswa. Media ini juga dinilai sangat praktis dan mudah digunakan baik oleh guru maupun siswa, memberikan variasi pembelajaran yang menarik dan meningkatkan keterlibatan siswa. Uji coba media pop-up book di kelas membuahkan respon positif dari siswa, namun terdapat kelemahan terkait persepsi sebagian siswa mengenai kebosanan dalam pembelajaran. Secara keseluruhan media pop-up book dikembangkan dengan baik, memiliki tingkat validitas tinggi, praktis digunakan, dan memberikan hasil positif selama uji coba. Pengembangan selanjutnya perlu memperhatikan saran perbaikan untuk meningkatkan efektivitas media ini dalam menunjang pembelajaran siswa.

Downloads

Article ID

12173

Published

2024-08-20