The Effectiveness of Developing STEAM-Based E-Booklets as an Effort to Improve Poster Writing Skills of Lower-Grade Students

Authors

  • Anindhitya Yudhanta Prasetya Universitas Negeri Semarang Author
  • Haryono Haryono Universitas Negeri Semarang Author
  • Panca Dewi Purwati Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/jpe.v13i2.25137

Abstract

Peneltiian ini berfokus pada transformasi kelompok bermain menuju Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) di Indonesia, yang merupakan pendekatan komprehensif dalam mendukung perkembangan anak dengan mengintegrasikan aspek pendidikan, kesehatan, gizi, pengasuhan, dan perlindungan. Fenomena ini mencermintakn pergeseran paradigma dalam pengelolaan dan penyelenggaraan layanan PAUD di Indonesia, yang bertujuan untuk memastikan terpenuhinya hak-hak dasar anak. Melalui analisis bibliometrik, penelitian ini mengidentifikasi tren penelitian, kontribusi teoretis, faktor-fakotr yang mempengaruhi transformasi, serta gap yang ada dalam literatur terkait. Hasil dari analisis menunjukkan adanya pengaruh signifikan dalam jumlah penelitian terkait PAUD HI, dengan penekanan pada pentingnya kebijakan yang mendukung, kesadaran pemangku kepentingan, dan ketersediaan sumber daya. Meskipun demikian, terapat kekosongan penelitian dalam evaluasi jangka panjang dan pedoman praktis untuk implementasi PAUD HI. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan lebih mendalam dan rekomendasi kebijakan untuk mendukung pengambangan PAUD yang lebih holistik dan integratif di Indonesia.

 

Downloads

Published

2024-12-30

Article ID

25137