Analisis Kesalahan Ejaan Dan Faktor Penyebab Pada Teks Deskripsi Siswa Kelas IX SMP
DOI:
https://doi.org/10.15294/retgtt11Keywords:
spelling errors, description text, causative factorsAbstract
Spelling errors are one of the main problems that are often found in the writing skills of junior high school students, so analysis is needed to understand the types of errors and the factors that cause them. This study is a qualitative descriptive research that aims to identify the types of spelling errors contained in the description text of students and analyze the causative factors in the description text of grade IX students in one of the junior high schools in Kartasura. The research data is in the form of 29 student description texts. Data collection techniques include reading the text repeatedly, understanding the meaning of each sentence, recording the findings of errors in the sentence, classifying the types of errors, and recapitulating the number of spelling errors found. The results showed that there were 200 spelling errors divided into five main categories: capital letters (45%), punctuation (26%), prepositions (11%), abbreviations (10%), and rewords (8%). The most mistakes occur in capital letters and punctuation. Factors that cause errors include a lack of understanding of PUEBI rules, the influence of informal language, and a lack of writing practice. Based on the findings, it is hoped that teachers can use more effective learning strategies and provide constructive feedback to improve students' understanding and writing skills according to Indonesian rules.
References
Agustin, S. K., & Insani, N. H. (2024). The Effectiveness Of Contextual Teaching And Learning Through Animated Films On Writing Dialogue Learning Results. Elementary School, 11(2), 627–638.
Ahmad, D. M., & I. P. (n.d.). Analisis kesalahan morfologi dan sintaksis pada pidato Presiden Joko Widodo periode Januari 2015.
Alwi, H., et al. (2020). Tata bahasa baku bahasa Indonesia (Edisi revisi). Balai Pustaka.
Alwi, H., Luthfie, A., & Saufi, M. (2018). Tata bahasa baru bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Aminah, R. (2018). Peningkatan kemampuan penulisan melalui penguasaan PUEBI. Gramedia Pustaka Utama.
Astuti, S. P., Sobari, T., & Aeni, E. S. (2020). Morfologi pada penulisan teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP PGRI 4 Cimahi. Parole Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 21–30.
Biantara, D. O., & Thohir, M. A. (2022). Analisis Komunikasi Siswa Kelas 6 SD Dalam Mengimplementasikan Muatan Lokal Materi Unggah-Ungguh Basa Jawa. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 10(2), 181–189. https://doi.org/10.15294/piwulang.v10i2.56609
Chaer, A. (2018). Pengantar linguistik umum. Rineka Cipta.
Dewi, O. P., & Insani, N. H. (2023). Tendensi kesalahan berbahasa Jawa pada materi pranatacara siswa kelas X SMA N 1 Karanganyar Kabupaten Kebumen. Aksara: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 24. https://doi.org/10.23960/aksara/v24i2.pp462-476
Febriani, N. W. A., & Insani, N. H. (2024). Efektivitas Model CIRC Menggunakan Media Scrabble Aksara Jawa Terhadap Hasil Menulis Huruf Jawa. 12. https://doi.org/10.15294/piwulang,v12i2.11029
Halim, S. (2016). Panduan lengkap ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan. Bandung: Alfabeta.
Hamlan, K. (2018). Analisis kesalahan penulisan kata pada karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(3).
Harimurti, A. (2020). Ejaan dan penggunaan bahasa Indonesia dalam konteks formal. Penerbit Universitas Negeri Yogyakarta.
Harjanto, A. (2019). Ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Surakarta: UNS Press.
Hasanuddin, W. (2018). Penerapan Ejaan dalam Bahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.
Hidayat, D. (2019). Pengaruh metode refleksi terhadap pengurangan kesalahan ejaan dalam pembelajaran menulis bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 123-135.
Hidayat, T. (2020). Integrasi teknologi dalam pembelajaran bahasa Indonesia: Penggunaan aplikasi digital untuk meningkatkan pemahaman ejaan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 45-58.
Ilham, & Wijiati. (2020). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada karangan eksposisi siswa kelas X MIPA (Studi kasus di SMA Negeri 4 Surakarta). Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(1), 94–109.
Khotijah, S., & Ismail, B. (2019). Kesalahan ejaan dalam penulisan artikel web IAIN Surakarta dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 di SMP. Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra, 1(1), 1–12.
Khusna, S. J., & Mulyaningtyas, R. (2022). Pengembangan bahan ajar menulis teks laporan hasil observasi berbasis model project based learning. Kolase: Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya, 1(2), 1-9.
Kurniasih, D., & Setiawan, A. (2019). Pemahaman PUEBI sebagai dasar pembelajaran menulis siswa sekolah menengah. Jurnal Literasi Indonesia, 8(1), 45-56.
Kurniawati, P. (2017). Analisis metode pembelajaran membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas I SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu. Universitas Muhammadiyah Malang.
Lestari, S. (2022). Pemanfaatan aplikasi pembelajaran digital dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa di era digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 11(1), 101-115.
Mulyanti, L. D., Alfiah, & Werdiningsih, Y. K. (2024). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Pawarta Kelas X SMAN 01 Tanjung Tahun Ajaran 2023-2024. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 12. https://doi.org/10.15294/piwulang.v12i1.76668
Munaroh, M., & Rosalina, S. (2023). Analisis kesalahan ejaan dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cilebar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 216-228.
Nugroho, P., & Pratiwi, L. (2020). Praktik pembelajaran menulis: Dampaknya terhadap kesalahan ejaan pada siswa. Jurnal Bahasa dan Sastra Nusantara, 9(3), 201-210.
Nurul, F., & Azhar. (2017). Analisis kesalahan penggunaan ejaan dalam karangan narasi siswa kelas X SMA Swasta Taman Siswa Binjai tahun pembelajaran 2016/2017. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya.
Pamungkas, S. (2012). Bahasa Indonesia dalam berbagai perspektif. Andi Offset.
Pitaloka, M. (2019). Penggunaan tanda baca dalam bahasa Indonesia: Analisis dan penerapan. Yogyakarta: Penerbit Gadjah Mada.
Pitaloka, T. (2019). Analisis kesalahan ejaan pada penyusunan karangan teks deskripsi sekolah dasar. JANACITTA: Journal of Primary and Children’s Education, 2(1), 12-17.
Pramesti, A. (2020). Pentingnya pembiasaan dan latihan menulis dalam penguasaan ejaan bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebahasaan, 12(1), 33-42.
Prasetya, A. (2019). Pengaruh pemahaman terhadap kaidah PUEBI dan bahasa informal terhadap kesalahan ejaan pada tulisan siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa, 15(2), 120-132.
Prasetyo, A. (2019). Analisis kesalahan berbahasa pada teks deskripsi siswa. Semarang: Widya Karya.
Putrayasa. (2007). Analisis kesalahan huruf kapital dan tanda baca pada paragraf deskriptif siswa kelas V SD Negeri Sampay Rumpin-Bogor.
Putri, L., & Rahmawati, A. (2021). Pembelajaran berbasis refleksi untuk memperbaiki kesalahan ejaan dalam menulis deskripsi siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(3), 209-221.
Putri, R., & Rahmawati, T. (2021). Pengaruh kebiasaan membaca terhadap kemampuan menulis siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(4), 78-90.
Qhadafi, M. R. (2018). Analisis kesalahan penulisan ejaan yang disempurnakan dalam teks negosiasi siswa SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(4).
Ramlan, M. (2019). Sintaksis bahasa Indonesia. UGM Press.
Rina, N. (2017). Kurangnya latihan menulis berbasis kebahasaan dalam meningkatkan pemahaman ejaan siswa. Jurnal Pembelajaran Bahasa, 10(1), 45-58.
Sari, D. (2017). Analisis kesalahan ejaan pada teks deskripsi siswa SMP di Jakarta: Pendekatan error analysis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(2), 88-99.
Siregar, T. (2018). Pengaruh media sosial terhadap kesalahan berbahasa siswa: Studi pada penulisan formal. Jurnal Linguistik dan Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 101-115.
Sudaryanto. (2015). Dasar-dasar penulisan yang baik dan benar. Rajawali Pers.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfa Beta.
Suwandi, A. (2018). Strategi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. UNS Press.
Suwandi, A. (2020). Pedoman penggunaan tanda baca dalam bahasa Indonesia: Teori dan praktik. UNS Press.
Suwandi, D. (2019). Pemahaman kaidah ejaan dan penerapannya dalam penulisan teks. Universitas Pendidikan Indonesia.
Tarigan, H. G. (2003). Pengajaran analisis kesalahan berbahasa. Angkasa Bandung.
Turistiani, T. D. (2013). Fitur kesalahan penggunaan ejaan yang disempurnakan dalam makalah mahasiswa. Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 1(1), 1–12.
Wibowo, H. (2020). Pemahaman dan penerapan kaidah bahasa dalam teks akademik. Pustaka Edukasi.
Yeni, P. (2021). Analisis kesalahan berbahasa pada teks deskripsi siswa kelas VII MTS Islamiyah Blora. Jurnal Pendidikan Edutama, 1-6.