Bahan Ajar Fisika Materi Besaran dan Satuan Berbasis Learning Cycle 7E untuk Memfasilitasi Pengembangan Karakter

Authors

  • Dian Primuharyani Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang Author
  • Dwi Yulianti Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/upej.v13i2.15182

Keywords:

Teaching Materials, Learning Cycle 7E, Character, Pancasila Students

Abstract

Rencana strategis Kemendikbud 2020 – 2024 yaitu mendukung visi dan misi Presiden untuk mewujudkan Indonesia maju, berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bergotong royong serta berkebinekaan global. Visi ini diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran dengan mengembangkan bahan ajar berbasis Learning Cycle 7E untuk memfasilitasi pengembangan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar, mengetahui tingkat keterbacaan, perkembangan karakter dan respons serta hasil belajar kognitif peserta didik. Jenis penelitian yaitu Reseach and Development (R&D) dengan pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluate). Bahan ajar diuji kelayakan dan respons peserta didik menggunakan angket, uji keterbacaan menggunakan tes rumpang, pengembangan karakter menggunakan observasi dan hasil belajar menggunakan soal pretest posttest. Hasil uji kelayakan bahan ajar diperoleh kriteria sangat layak. Hasil uji keterbacaan bahan ajar diperoleh kriteria tinggi. Hasil observasi karakter pada pertemuan terakhir diperoleh kriteria membudaya. Hasil uji respons peserta didik diperoleh kategori sangat baik. Berdasarkan perhitungan N-gain tingkat hasil belajar kognitif peserta didik diperoleh kategori sedang. Dari hasil analisis data tersebut disimpulkan bahwa bahan ajar layak digunakan untuk mengembangkan karakter dan meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.

Downloads

Article ID

15182

Published

2024-10-20

Issue

Section

Research Articles