Development of Android-Based Learning Media with Problem-Based Learning Models Using ISpring Suite Integrated Powerpoint
DOI:
https://doi.org/10.15294/upej.v13i2.15203Keywords:
Android, Global Warming, Learning Media, Problem Based LearningAbstract
Penyalahgunaan smartphone dan penurunan minat belajar peserta didik menjadi permasalahan yang serius pasca Covid 19. Hal ini terjadi karena pesatnya perkembangan teknologi tidak diimbangi dengan kontrol guru dan orang tua saat proses pembelajaran. Akibatnya, peserta didik menggunakan smartphone untuk kegiatan yang kurang bermanfaat. Permasalahan ini membutuhkan kreativitas guru agar kegiatan pembelajaran dapat menarik minat peserta didik. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Android dengan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan Powerpoint terintegrasi iSpring Suite. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research & development (R&D) dengan model 4D. Subjek penelitian ini yaitu dosen sebagai validator ahli, guru sebagai validator praktisi, dan peserta didik sebagai responden. Kelayakan media ini dinilai oleh seorang dosen, dua orang guru, dan 37 peserta didik kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Negeri 1 Sukorejo. Penilaian dosen menunjukkan hasil layak pada ketiga aspek, respon guru menunjukkan hasil sangat layak pada dua aspek dan layak pada satu aspek, respon peserta didik menunjukkan hasil sangat layak untuk tiga aspek. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai upaya mengatasi permasalahan rendahnya minat belajar peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang disebabkan oleh perkembangan teknologi.