Pengembangan Bahan Ajar Digital pada Materi Fluida Dinamis dengan Pendekatan Flipped Classroom untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.15294/upej.v13i2.15223Keywords:
Digital Teaching Materials, Flipped Classroom, Understanding of ConceptsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengkaji kelayakan dan menguji peningkatan pemahaman konsep siswa menggunakan bahan ajar digital ApFluiDa pada materi fluida dinamis dengan pendekatan flipped classroom terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI SMA N 2 Rembang. Model penelitian ini menggunakan model ADDIE disesuaikan dengan kebutuhan penelitian dengan menggunakan 5 langkah yaitu: (1) Analysis; (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 4 SMA N 2 Rembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data produk yang dikembangkan berupa analisis kelayakan media, analisis tanggapan guru dan siswa, analisis data awal uji normalitas dan uji homogenitas, dan analisis data akhir berupa uji t serta N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar digital ApFluiDa layak digunakan dengan rerata persentase kelayakan oleh ahli media sebesar 93,03% dengan kriteria sangat layak, dan rerata persentase kelayakan oleh ahli materi sebesar 94,75% dengan kriteria sangat layak. Bahan ajar ApFluiDa efektif meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI SMA N 2 Rembang, Berdasarkan uji-t diperoleh nilai sig. α 0,00 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan antara pretest dan postest pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh N-gain score 0,62 (cukup efektif) pada kelas eksperimen. Artinya penggunaan bahan ajar digital ApFluiDa dengan pendekatan flipped classroom efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa.